Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Ada 1.000 Vaksin Monkeypox Dikirim ke Indonesia Akhir Oktober 2022

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa pihaknya telah memesan 2.000 vaksin cacar monyet atau monkeypox dari Bavarian Nordic, Denmark.
Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa
Ikustrasi vaksin cacar monyet (monkeypox)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya memberikan angin segar terkait waktu pengiriman vaksin monkeypox atau cacar monyet. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia menyampaikan, pengiriman vaksin cacar monyet yang diimpor dari Bavarian Nordic, Denmark akan dimulai pada akhir Oktober 2022. 

Nadia menjelaskan, pengiriman vaksin cacar monyet ini akan dilakukan secara bertahap. Pada akhir Oktober, sebanyak 1.000 vaksin cacar monyet akan diterbangkan ke Indonesia. 

"Vaksin monkeypox lagi dipesan, Indonesia kan pesan 2.000 vaksin dari Denmark. Kita datangkan 1.000 dulu, sepertinya pada akhir Oktober," terang Nadia ketika ditemui di Gedung Nusantara I DPR/MPR, Selasa (20/9/2022). 

Nadia menjelaskan, sembari menunggu kedatangan vaksin cacar monyet, Kemenkes juga terus melakukan pengkajian dengan para panel ahli mengenai sasaran pertama dari vaksin yang diimpor dari Denmark tersebut. Namun, setelah vaksin tiba, dipastikan bahwa Kemenkes tentunya akan mempercepat proses pemberian vaksin kepada kelompok berisiko. 

Sebelumnya, pada akhir Agustus 2022, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa pihaknya telah memesan 2.000 vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic, Denmark. 

Adapun Bavarian Nordic merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bioteknologi terintegrasi, yang berfokus pada pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin yang digunakan pada penyakit menular dan imunoterapi kanker. 

"Dari segi vaksinasi, kami telah memesan 2.000 dosis vaksin dari Bavarian Nordic yang dibantu oleh KBRI Denmark karena ada vaksin ini disana," tutur Budi dalam RDP bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (30/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper