Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Iriana Jokowi Diolok-olok, PSI: Ibu Negara Tak Pantas Dihina!

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berang terhadap cuitan akun Twitter terhadap Ibu Negara Iriana Joko Widodo.
Ibu Negara Iriana Jokowi mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia ke ibu negara G20 di sela-sela KTT G20 Bali/ Dok. BPMI Setpres RI.
Ibu Negara Iriana Jokowi mempromosikan produk-produk UMKM Indonesia ke ibu negara G20 di sela-sela KTT G20 Bali/ Dok. BPMI Setpres RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti cuitan bernada merendahkan oleh seseorang di Twitter terhadap Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Meski telah dihapus, cuitan dari akun @KoProfilJati tersebut sudah terlanjur menjadi perbincangan publik.

Juru Bicara DPP PSI Mary Silvita menegaskan akun @KoProfilJati mengunggah momen kebersamaan Ibu Iriana Jokowi dengan Kim Keon Hee dengan caption berbunyi "Bi, tolong buatkan tamu kita minum, Baik, Nyonya" merupakan bentuk penghinaan yang tidak pantas.

Menurutnya, cuitan bernada penghinaan tersebut dianggap tidak pantas, bukan hanya terhadap ibu negara, tetapi tidak seorang ibupun di dunia yang pantas dihina karena penampilan fisiknya.

“Entah siapa yang di posisikan sebagai Nyonya, dan siapa yang dipersepsikan sebagai Bibi atau pembantu dalam caption tersebut, kedua ibu dalam gambar tersebut, sebagaimana ibu-ibu lain di manapun tidak pantas dihina karena penampilan fisiknya. Kami menduga ini adalah refleksi dari internalized inlander mentality yang menganggap bangsa lain lebih tinggi dari bangsanya sendiri." ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut Mary menekankan bahwa penghinaan terhadap tubuh perempuan, baik dalam konteks bercanda atau atas dasar motif politik bukanlah tindakan terpuji dan tidak boleh dibenarkan.

“Kami tidak tau apa motif dari cuitan bernada body shaming terhadap Ibu Iriana ini. Meskipun yang bersangkutan telah meminta maaf. Untuk kepentingan apapun menjadikan tubuh perempuan sebagai objek bukanlah sesuatu yang bisa diterima," katanya

Menurut Mary jika hal tersebut dilakukan atas dasar kebencian karena preferensi politik, ini juga menyedihkan. Ibu Iriana tidak ada sangkut pautnya dengan kegiatan politik suaminya, Jokowi.

Dia menilai Iriana juga tidak pernah bicara apapun terkait politik, tidak pernah menyakiti siapapun dalam konteks politik. Mary menilai Iriana hanya seorang ibu yang ingin menjadi dirinya sendiri dengan tampil sederhana.

"Kesederhanaan ini justru menurut kami adalah kekuatan beliau. Seorang isteri dari orang nomor satu di Indonesia, yang bisa saja memilih tampil glamor tapi memilih tampil sederhana dengan tetap menonjolkan ciri khas perempuan Indonesia. Ini adalah definisi cantik yang sebenarnya menurut kami,” tuturnya.

Mengingat dampak yang diakibatkan oleh perundungan di ruang publik sangat fatal, Mary menghimbau kepada semua pihak untuk tidak menjadi pelaku perundungan. Seseorang atau kelompok yang dengan sengaja mempermalukan dan menghina fisik orang lain di ruang publik harus dihukum agar memberikan efek jera.

“Ingat, banyak kasus body shaming dan perundungan yang berakhir dengan bunuh diri, karena sangat menyakitkan. Jadi jangan main-main! Putus mata rantai perundungan dengan tidak menjadi pelaku perundungan. Kemudian juga harus ada konsekwensi yang tegas terhadap semua orang yang dengan sengaja mempermalukan dan menghina fisik orang lain di ruang publik,” tuturnya

Menurut Mary penghinaan terhadap tubuh perempuan di ruang publik memang bukan hal baru tapi juga tidak boleh dibiarkan. Nyatanya perempuan sampai hari ini masih menjadi korban dari standard kecantikan yang diciptakan oleh dunia industri dan media.

"Warna kulit, postur tubuh hingga pakaian perempuan distandardisasi sedemikian rupa untuk diakui cantik dan pantas. Dampaknya adalah, perempuan yang tidak memenuhi kualifikasi tersebut rentan terhadap diskriminasi dan penghinaan. Budaya toksik seperti inilah yang harus dihapuskan, dan ini adalah tugas bersama yang harus terus disuarakan dan diperjuangkan.” Pungkas Mary.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper