Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Gempa Cianjur: 62 Orang Tewas dan Jalan Tertutup Longsor

Sebanyak 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi akibat gempa yang melanda kabupaten Cianjur Jawa Barat.
Sebanyak 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi akibat gempa yang melanda kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpb
Sebanyak 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi akibat gempa yang melanda kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpb

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi akibat gempa yang melanda kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang.

Berikut rangkuman kejadian gempa di Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang hingga Selasa (22/11/2022) dini hari:

1. Kejadian

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kejadian gempa pada pukul 13:21:10 WIB dengan magnitude 5,6 dan tidak berpotensi tsunami.

Lokasi gempa: 6.84 Lintang Selatan, 107.05 Bujur Timur, dan kedalaman 10 km. Pusat gempa berada 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, 15 km Timur Laut Kota Sukabumi, 39 km Tenggara Kota Bogor, 63 km Barat Laut  Bandung, dan 78 km Tenggara Jakarta.

2. Gempa Susulan

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan ada potensi gempa susulan dari gempa magnitude 5,6 yang terjadi di wilayah Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Gempa terjadi saat Dwikorita dan jajarannya di BMKG sedang melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR.

“Jadi [gempa] yang baru saja terjadi pada posisi di sekitar Sukabumi, Cianjur. Di sekitar daerah tersebut dan merupakan gempa yang diakibatkan oleh patahan geser dengan magnitudo 5,6,” jelas Dwikorita kepada awak media di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/11/2022)

Gempabumi ini dirasakan di Kota Cianjur dengan skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

Garut dan Sukabumi IV - V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun).

Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor dan Bayah dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Rancaekek, Tangerang Selatan, Jakarta dan Depok dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menyatakan tidak ada potensi tsunami dari gempa itu.  BMKG mencatat, hngga pukul 13.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 9 (sembilan) aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo terbesar M4.0.

Rangkuman Gempa Cianjur: 62 Orang Tewas dan Jalan Tertutup Longsor

Sejumlah bangunan rusak akibat gempa magnitudo 5,6 yang terjadi pada senin (21/11/2022) siang di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Gempa dirasakan di Sukabumi, Cirebon, Bandung hingga Jakarta. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpb

3. Jumlah korban

Pusdalops BNPB mencatat bawa pada Senin (2/11/2022) pada pukul 20.35 WIB, korban tewas 62 orang.

Korban paling banyak di Kecamatan Cilaku Desa Rancagoong, Kecamatan Cianjur Desa Limbangansari, dan Kecamatan Cugenang.

Selain itu terdapat 79 orang luka-luka dan 5.389 jiwa menggungsi yang tersebar di beberapa titik pengungsian.

Sebanyak 25 orang tercatat masih tertimbun runtuhan bangunan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang.

Sementara itu, beberapa ruas jalan di area Tapal Kuda, Cianjur tertutup longsor.

4. Bantuan

BNPB menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan bantuan logistik ke lokasi terdampak.

Dikutip dari akun Instagram @bnpb_indonesia, BNPB mengirim sebanyak 47 tenda untuk mendukung kebutuhan darurat warga terdampak.

Selain itu sudah disiapkan bantuan logsitik berupa sembako dan barang pemenuh kebutuhan utama senilai 500 juta rupiah.

5. Daerah Terdampak

Selain Cianjur, beberapa daerah yang melaporkan dampak gempabumi, antara lain:

Kabupaten Bogor

46 unit rumah rusak (pendataan)

Kabupaten Sukabumi

434 unit rumah rusak (pendataan)

5 unit fasilitas pendidikan rusak

5 unit fasilitas ibadah rusak

Kota Sukabumi

14 unit rumah rusak

1 unit gedung rusak

Kabupaten Bandung

1 unit rumah sakit

Rangkuman Gempa Cianjur: 62 Orang Tewas dan Jalan Tertutup Longsor

Gempa berkekuatan M 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Akibat gempa itu sejumlah bangunan rusak dan 62 orang tewas, 79 orang luka-luka, dan 5.389 jiwa mengungsi. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @bnpb

6. Akses Pendidikan

Bencana alam gempa bumi magnitude 5,6 pada Senin (21/11/2022), berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diduga menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas umum, termasuk fasilitas pendidikan.

Terkait dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) l melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengidentifikasi jumlah pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta fasilitas pendidikan yang terdampak gempa.

“Kami turut prihatin atas musibah yang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dan sekitar. Saat ini kami tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Kami akan tindaklanjuti sesuai dengan informasi resmi yang kami terima,“ disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Dari hasil identifikasi tersebut, kata Menteri Nadiem, Kemendikbudristek akan melakukan langkah-langkah cepat untuk membantu segera para pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta fasilitas pendidikan yang terdampak gempa.

“Kemendikbudristek akan mengambil langkah cepat dalam membantu pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik serta fasilitas pendidikan yang terdampak agar akses terhadap pendidikan tetap tersedia,” kata Nadiem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper