Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cengengesan Saat Gempa Cianjur, Sufmi Dasco Minta Wakil Ketua Komisi V Introspeksi

Sufmi Dasco Ahmad meminta Wakil Komisi V Roberth Rouw introspeksi usai tertawakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sembunyi di kolong meja saat Gempa Cianjur.
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. JIBI/Bisnis-Sholahudin Al Ayubbi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. JIBI/Bisnis-Sholahudin Al Ayubbi

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta polemik Wakil Ketua Komisi V Roberth Rouw yang tertawa saat Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sembunyi di kolong meja ketika terjadi gempa Cianjur, tak diperpanjang.

Di sisi lain, Dasco juga meminta Robeth melakukan introspeksi diri terkait kelakuannya.

“Kami meminta hal ini agar tidak diperpanjang, kita juga akan minta kepada pimpinan komisi terkait untuk juga introspeksi agar tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini,” ujar Dasco kepada awak media di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Dia merasa kelakuan Roberth hanya sebuah spontanitas karena memang jarang terjadi gempa. Apalagi, lanjutnya, sangat jarang orang yang bersembunyi di kolong meja ketika rapat berlangsung.

“Apa yang kemudian terjadi di sana itu bukan unsur kesengajaan, dan itu juga spontanitas karena ya jarang terjadi ketika lagi rapat kemudian ada yang masuk di bawah kolong meja. Walaupun itu adalah SOP [Standar Operasional Prosedur],” jelasnya.

Dasco menambahkan, di DPR juga sering latihan SOP ketika terjadi bencana, termasuk gempa. Tak hanya itu, sarana dan prasarana di DPR juga akan terus dilengkapi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Sebelumnya, Kepala BMG Dwikorita Karnawati sedang melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR saat terjadi Gempa Cianjur. Saat gempa bermagnitudo 5,6 itu terjadi, sontak Dwikorita bersembunyi di kolong meja.

"Mohon maaf kalau ada gempa bersembunyi di bawa meja,” ujarnya mengingatkan para peserta rapat lain.

Meski begitu, Roberth yang saat itu memimpin rapat sempat menanggapi seruan Dwikorita sambil tertawa.

"Ini lihat ini, harus ikut kepala BMKG. Iya kepala Basarnas belum ikut, BMKG sudah langsung masuk meja. Iya, hahaha,” ucapnya sambil tertawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper