Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BHS dan Dharma Lautan Utama Holding Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Selain sembako maupun obat-obatan, bantuan juga berupa televisi untuk hiburan dipengungsiandan toilet portable, karena banyak toilet warga rusak akibat gempa.
BHS dan DLU Holding beserta mitra usaha salurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.
BHS dan DLU Holding beserta mitra usaha salurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur Jawa Barat.

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota DPR RI periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono bersama DLU Holding dan sejumlah mitra usaha, menyalurkan bantuan kepada para warga korban bencana gempa bumi Cianjur Jawa Barat.

“Saya bersama-sama dengan PT Dharma Lautan Utama dan mitra usaha membantu meringankan beban para pengungsi dengan mengirimkan beberapa kebutuhan sembako, selimut, obat obatan, dan kebutuhan kebutuhan lainnya ke beberapa titik yang ada di wilayah terdampak gempa,” ujarnya seperti siaran resmi yang diterima, Selasa (29/11).

Bambang Haryo Soekartono yang akrab disapa BHS ini, berharap bantuan yang telah disalurkan secara langsung pada Sabtu (26/11) tersebut dapat meringankan beban para pengungsi di Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur Kota dan Desa Gasol Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selain memberikan bantuan berupa kebutuhan sembako maupun obat-obatan, pihaknya juga memberikan bantuan berupa 6 unit televisi untuk menghibur mereka selama dipengungsian. “Dan juga memberikan bantuan 5 tandon dan 6 toilet portable karena banyak rumah rumah warga yang hancur toiletnya akibat gempa,” katanya.

Anggota Dewan Pakar Partai Gerindra ini berharap pemerintah cepat menangani bencana gempa ini dan menetapkan sebagai Status Tanggap Bencana Nasional sehingga penanganannya dibantu maksimal oleh pemerintah pusat dan pemulihan akan menjadi lebih cepat.

BHS Juga mengharapkan, pemerintah segera memasang alat early warning system atau alarm dini pendeteksi bencana gempa di wilayah terdampak maupun yang rawan terhadap gempa, khususnya gempa mega thrust yang sering diberitakan BMKG melalui media.

Selain itu, lanjut dia juga diharapkan memasang petunjuk jalur evakuasi yang disosialisasikan dan disimulasikan secara rutin ke seluruh warga kota melalui latihan latihan safety drill dan lain-lain agar korban meninggal dan luka luka dapat dihindarkan atau diminimalkan, karena masih banyak gempa susulan yang terjadi setiap harinya.

“Saya juga mendapatkan informasi dari kepala desa di desa tersebut belum adanya petugas trauma healing untuk menetralisir kondisi stress dan trauma dari warga yang terdampak gempa,” ujarnya.

BHS sangat menyayangkan Kementerian Perhubungan belum secara maksimal dilibatkan lebih awal dalam mengecek dan mengantisipasi kerusakan infrastruktur jalan, terminal bus, stasiun kota, rel dan jembatan, maupun kerusakan jalan atau jalur-jalur evakuasi termasuk jalur pengiriman logistik yang seharusnya menjadi tugas pokok Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut penting untuk diinformasikan kepada seluruh masyarakat baik yang terdampak maupun yang akan membantu untuk mengetahui kerusakan dan penutupan infrastruktur jalan dan jembatan akibat gempa termasuk juga kepada mitra kerjanya yaitu Kementerian PU untuk dipulihkan secara cepat dan sempurna.

Apalagi, lanjutnya, saat ini Kementerian Perhubungan sedang membangun jalur kereta api cepat Jakarta - Bandung yang melewati Cianjur, sehingga seharusnya dilakukan pengecekan apakah ada pengaruh dampak gempa terhadap infrastruktur tersebut yang mengalami kerusakan.

“Dan sangat disayangkan Menteri Perhubungan baru hadir 4 hari setelah terjadinya gempa Jum’at (25/11) dan itu hanya hadir di posko untuk melihat kondisi para korban dan membantu sembako serta kebutuhan sehari hari serta obat obatan saja, tanpa meninjau melakukan pengecekan fisik sejumlah kerusakan infrastruktur yang ada di Cianjur,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper