Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Terakhir Program Guru Penggerak 10 Januari 2023, Ini Link Resmi dan Syaratnya

Untuk meningkatkan kualitas guru dan pendidikan di Indonesia, maka pemerintah mengadakan program guru penggerak. Simak link dan syaratnya.
Syarat pendaftaran program guru penggerak/tangkapan layar
Syarat pendaftaran program guru penggerak/tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kemendikbud membuka program guru penggerak (PGP) untuk angkatan 9 dan 10 pada 2023.

Pendaftaran terakhir untuk program guru penggerak yakni Selasa, 10 Januari 2023. Bagi guru-guru yang ingin berkontribusi menjadi guru penggerak maka bisa menyiapkan dokumen dan mendaftarkan diri secara online.

Pendaftaran guru penggerak bisa dilakukan melalui https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dengan tujuan untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia, dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Syarat mendaftar menjadi guru penggerak adalah harus mengikuti pendidikan dalam kurun waktu 6 bulan. Saat mengikuti proses pendidikan, maka guru yang lolos seleksi akan mendapatkan benefit berupa pendidikan selama 6 bulan dan pengembangan kompetensi dan  Lokakarya bersama.

Bila Anda lolos mengikuti program guru penggerak maka akan mendapatkan sertifikat guru penggerak, yang bisa dipakai sebagai syarat menjadi kepala sekolah.

Dilansir dari situs Kemendikbud, Senin (9/1/2023), Sekolah Penggerak adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak adalah penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak merupakan akselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program guru penggerak dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak

Sebagai informasi, tujuan dari Program Organisasi Penggerak adalah meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan melibatkan peran serta Ormas bidang pendidikan yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Organisasi penggerak di Indonesia terdiri dari orang tua, tokoh masyarakat dan adat, organisasi, cendekiawan, relawan, dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui program ini, Kemendikbud berkomitmen untuk bergotong royong menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran. 

Berapa lama pendidikan guru penggerak di Indonesia?

Program pendidikan guru penggerak dilakukan selam 9 bulan, dengan cara pengembangan kompetensi melalui Lokakarya bersama. Adapun program ini diberikan secara gratis kepada guru yang lulus dalam program.

Untuk lulus menjadi guru penggerak, maka Anda harus mengikuti beberapa tahapan tes yakni tes menulis  esai, tes bakat skolastik, simulasi mengajar dan wawancara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper