Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Donald Trump Hadapi Tantangan Besar Menuju Pilpres AS 2024

Donald Trump menghadapi tantangan terbesar dalam upaya Kembali ke panggung Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024.
Acara kampanye Donald Trump di Columbia, Carolina Selatan pada 28 Januari 2023./Bloomberg
Acara kampanye Donald Trump di Columbia, Carolina Selatan pada 28 Januari 2023./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Donald Trump menghadapi tantangan terbesar yang akan dihadapi dalam upaya Kembali ke panggung Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024.

Tantangan itu antara lain memudarnya antusiasme di antara Partai Republik terhadap mantan presiden, dan persaingan yang meningkat untuk nominasi GOP.

Trump pada Sabtu (28/1/2023), mengunjungi dua negara bagian penting yang memberikan suara awal, New Hampshire dan South Carolina, dan mencoba meredam kritik bahwa kampanyenya kurang bersemangat sejak mengumumkan pencalonan ketiganya menuju Gedung Putih pada November 2022.

“Mereka berkata, 'Dia tidak berkampanye'... 'Dia tidak melakukan aksi unjuk rasa'... 'Mungkin dia kehilangan langkah itu,” kata Trump pada pertemuan tahunan Partai Republik New Hampshire di Salem.

"Saya lebih marah sekarang dan saya lebih berkomitmen sekarang daripada sebelumnya."

Trump juga bersumpah untuk membuat saingannya melakukan kampanye kepadanya, dengan mengatakan, "Kami tidak akan bermain mencegah pertahanan seperti yang mereka lakukan di sepak bola dan kami akan menang dan kami akan menang sangat besar.

Tetapi tanda-tanda awal menunjukkan hal yang berbeda untuk Trump. Dia mengadakan acara yang lebih kecil daripada ciri khasnya yang menarik ribuan pendukung, dan Partai Republik yang pernah menerima Trump sebagai ketua GOP semakin mencari alternatif seperti Gubernur Florida Ron DeSantis, yang diharapkan secara luas untuk mengikuti perlombaan.

Trump berbicara kepada kerumunan warga kecil di gedung DPR negara bagian di South Carolina dalam sebuah acara untuk menunjukkan dukungannya di negara bagian utama. Bahkan melakukan sedikit politik ritel yang dia abaikan dalam kampanye terakhirnya, berhenti di gerai es krim dan ayam goreng di Columbia Barat.

“Dia tetap menjadi sosok yang dominan, tetapi tidak lagi memiliki Partai Republik,” kata Tom Rath, mantan Jaksa Agung New Hampshire yang telah menjadi penasihat beberapa kampanye presiden.

"Jika dia masuk ke sana, dan dia akan melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan enam tahun lalu, saya pikir dia akan salah."

Saingan Trump

Jajak pendapat sudah menunjukkan pemilih Republik mengincar alternatif untuk Trump, dengan DeSantis di depan.

Jajak pendapat University of New Hampshire Survey Center Kamis menunjukkan dia memimpin Trump 42 persen hingga 30 persen di antara kemungkinan pemilih utama di negara bagian. Dewan Kebijakan Carolina Selatan menemukan dalam pertarungan head-to-head sebesar 52 persen hingga 33 persen.

Trump berusaha untuk mengurangi popularitas DeSantis selama perjalanan kampanye, dan mengatakan kepada wartawan di pesawatnya, bahwa Gubernur Florida akan "sangat tidak setia"  bila menantangnya.

Trump juga mengkritik DeSantis atas penanganannya terhadap pandemi Covid-19, dengan mengatakan gubernur telah menutup negara bagian itu untuk jangka waktu yang lama, lapor CNN.

Anggota Partai Republik lainnya yang mempertimbangkan tawaran untuk maju di Pilpres AS 2024 termasuk mantan Gubernur Carolina Selatan dan Duta Besar untuk PBB Nikki Haley; mantan Wakil Presiden Mike Pence; mantan Menteri Luar Negeri Michael Pompeo; mantan Gubernur Arkansas Asa Hutchinson; dan Senator Carolina Selatan Tim Scott.

Rath mengatakan menurutnya ada kemungkinan nyata bahwa Gubernur Republik yang populer Chris Sununu dari New Hampshire juga menantang Trump.

Dalam sebuah wawancara di "State of the Union" CNN pada Minggu (29/1/2023), Sununu menyorot penampilan mantan presiden di negara bagiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper