Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Senjata Nuklir Korut Terbaru, Drone Bawah Laut Mampu Bikin Tsunami Radioaktif Berskala Super

Korut mengklaim telah menguji drone serangan nuklir bawah laut yang mampu melepaskan tsunami radioaktif.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan putrinya Kim Ju-ae menonton latihan rudal di lokasi yang dirahasiakan dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 20 Maret 2023/Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan putrinya Kim Ju-ae menonton latihan rudal di lokasi yang dirahasiakan dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) pada 20 Maret 2023/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Korea Utara (Korut) mengklaim telah menguji drone serangan nuklir bawah laut yang mampu melepaskan "tsunami radioaktif".

Hal itu sebagai respons latihan bersama militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) baru-baru ini. Pengujian drone membuat situasi keamanan regional memburuk.

Pyongyang melakukan latihan itu sebagai tanggapan pekan ini, kata Kantor Berita Pusat Korea resmi KCNA, termasuk pengujian sistem pengiriman nuklir bawah laut yang baru.

“Drone nuklir bawah air dapat dikerahkan di pantai dan pelabuhan manapun atau ditarik oleh kapal permukaan untuk operasi,” kata laporan itu.

Misi senjata itu adalah untuk "menyusup secara diam-diam ke perairan operasional dan membuat tsunami radioaktif berskala super ... untuk menghancurkan kelompok penyerang angkatan laut dan pelabuhan operasional utama musuh.”

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un secara pribadi mengawasi tes tersebut, KCNA melaporkan, dan gambar yang dirilis oleh surat kabar Rodong Sinmun Pyongyang menunjukkan Kim tersenyum menyaksikan tes itu.

KCNA juga mengatakan Pyongyang telah menembakkan rudal jelajah strategis "berujung dengan hulu ledak nuklir" pada Rabu (22/3/2023).

Pyongyang memiliki "drone bawah laut berkemampuan nuklir harus ditanggapi dengan skeptis, kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.

“Klaim Pyongyang tentang sistem senjata baru tidak sama dengan demonstrasi kemampuan yang kredibel,” tambahnya.

Dalam cuitan di Twitter, analis Ankit Panda yang berbasis di Amerika Serikat (AS) mengatakan tidak dapat dikesampingkan bahwa pengumuman itu adalah "upaya penipuan ".

Meski begitu, klaim itu "mengejutkan", kata Cheong Seong-chang dari Institut Sejong.

Jika benar, sulit untuk melihat bagaimana Seoul "dapat menanggapi senjata baru yang begitu tangguh dari Korea Utara yang (katanya) dapat sepenuhnya menghancurkan pelabuhan operasional utama Korea Selatan".

Pernyataan KCNA juga menunjukkan "Pyongyang lebih dari siap untuk menggunakan senjata nuklir taktisnya kapan saja,” kata An Chan-il, seorang pembelot yang menjadi peneliti.

"Ini jelas semakin memperkuat pembenaran Kim untuk uji coba nuklirnya pada masa depan."

Setelah satu tahun uji coba senjata yang memecahkan rekor dan meningkatnya ancaman nuklir dari Pyongyang pada 2022, Seoul dan Washington telah meningkatkan kerja sama keamanan.

Pada Kamis (23/3/2023), kedua sekutu menyelesaikan latihan militer gabungan terbesar mereka dalam lima tahun.

Latihan "drone serangan nuklir bawah laut" Pyongyang untuk mengingatkan musuh akan krisis nuklir yang sebenarnya," kata KCNA.

Kim juga menekankan bahwa kemampuan nuklir Korea Utara didukung dengan kecepatan yang lebih tinggi, kata KCNA.

Korea Utara tahun lalu menyatakan diri sebagai kekuatan nuklir yang "tidak dapat diubah" dan Kim baru-baru ini menyerukan peningkatan "eksponensial" dalam produksi senjata, termasuk senjata nuklir taktis.

Washington telah berulang kali memulihkan komitmen untuk membela Korea Selatan, termasuk menggunakan kemampuan militernya secara penuh, termasuk nuklir.

Korea Selatan sangat ingin meyakinkan publiknya yang semakin gelisah tentang komitmen AS untuk mencegah serangan, termasuk senjata nuklir untuk mencegah serangan Korut.

Pernyataan Jumat (24/3/2023), muncul sekitar seminggu setelah Pyongyang menguji coba rudal terbesar dan terkuatnya, Hwasong-17 - tes ICBM keduanya tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper