Akses Berita Terpercaya Lebih Nyaman dengan Bisnis Pro

Bisnis.com menghadirkan layanan Bisnis Pro untuk memenuhi kebutuhan dari pembaca terkait layanan akses berita tanpa iklan melalui Bisnis Pro.
Foto: Bisnis Pro
Foto: Bisnis Pro

Bisnis.com, JAKARTA—Perangkat teknologi internet telah menjadi sumber utama masyarakat untuk mengakses berita dan informasi

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Reuters Institute dengan Universitas Oxford pada awal tahun 2022, masyarakat Indonesia memilih media online dan media sosial sebagai sumber berita paling populer.

Survei yang bertajuk Digital News Report 2022 tersebut menunjukkan bahwa media online (termasuk platform media sosial milik media online) menjadi sumber utama masyarakat Indonesia memperoleh berita dengan persentase sebanyak 88%. Selanjutnya, disusul dengan media sosial sebesar 68%, televisi sebesar 57%, serta media cetak (koran, majalah, dan sejenisnya) sebanyak 17%.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebutkan bahwa saat ini internet telah menjadi referensi utama untuk mengakses berita dan informasi. Penetrasi internet di Indonesia, berdasarkan data dari datareportal.com, sudah mencapai 212,9 juta orang atau 77% dari total penduduk. Dari angka ini, 167 juta orang di antaranya merupakan pengguna media sosial.

Dalam Digital News Report tersebut, sebanyak 46% masyarakat Indonesia membagikan berita melalui media sosial, pesan, atau email. Sementara itu, sebanyak 68% orang Indonesia mendapatkan berita dari platform media sosial. Angka ini meningkat 4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Media sosial yang paling sering digunakan untuk mendapat berita di Indonesia pada 2022 yakni Whatsapp dengan persentase sebesar 54%, YouTube 46%, Facebook 44%, Instagram 37%, Twitter 20%, dan TikTok 16%.

Pemanfaatan media online sebagai sumber arus utama masyarakat Indonesia dalam memperoleh berita tidak terlepas dari pola penggunaan perangkat telepon seluler oleh masyarakat dalam kesehariannya. Diketahui bahwa mayoritas atau sekitar 83% masyarakat Indonesia mengakses berita internet melalui ponsel pintar.

Meskipun demikian, tsunami informasi tersebut membuat tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap berita atau informasi hanya sebesar 39%. Hal itu tidak dapat ditampik, mengingat masih banyaknya berita-berita atau informasi-informasi hoaks atau simpang siur yang pada akhirnya membuat masyarakat cenderung bingung, resah, bahkan skeptis terhadap informasi yang diperoleh.

Sebagai Navigasi Bisnis Terpercaya, Bisnis.com terus berupaya menyajikan informasi aktual dan terpercaya bagi audience. Di tengah ketidakpastian dan simpang siur informasi, Bisnis.com sebagai platform online dari Bisnis Indonesia, koran ekonomi terbesar se-Indonesia, terus menjaga komitmennya memberitakan fakta lewat proses verifikasi jurnalistik yang baik dan benar.

Kami menyadari pembaca terkadang tidak nyaman dengan kemunculan iklan atau promosi produk atau jasa saat membaca berita. Namun, iklan ini penting bagi kami untuk dapat menyediakan informasi faktual dan terverifikasi.

Oleh karena itu, Bisnis.com menghadirkan layanan Bisnis Pro untuk memenuhi kebutuhan dari pembaca terkait layanan akses berita tanpa iklan. Melalui Bisnis Pro, audience bisa nyaman mengakses konten berita tanpa adanya iklan dengan hanya Rp7.000 per bulan. Registrasi dan nikmati kenyamanan akses berita untuk menavigasi bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper