Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma'ruf Amin Imbau Pemudik Tidak Gunakan Sepeda Motor

Ma’ruf Amin mengimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor karena rawan kecelakaan.
Ilustasi/Bisnis-Dea Andriawan
Ilustasi/Bisnis-Dea Andriawan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin masyarakat agar dapat mempersiapkan pelaksanaan mudik dengan baik, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

"Kita imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor. Kalau bisa pemerintah meminta jangan [mudik] pakai motor," ujarnya di UIN Ar-Raniry, Jalan Syeikh Abdul Rauf, Darussalam, Banda Aceh, Kamis (30/3/2023).

Dia berharap jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pribadi tidak terlalu banyak, mengingat rawan terjadinya kecelakaan.

"Mudah-mudahan tahun ini kalau tidak ada, bagus, kalau [ada] yang [menggunakan motor], semoga jumlahnya tidak banyak," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres RI asal Tangerang ini memastikan kesiapan jalanan, moda transportasi, dan pengamanan telah dipersiapkan pemerintah bersama para pemangku kepentingan.

"Sudah menyiapkan di jalan-jalan, angkutan, semuanya itu sudah dipersiapkan, jadi semua jalur-jalur udara, darat laut, itu sudah disiapkan oleh pemerintah, termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah, termasuk antisipasi mudik menggunakan motor yang banyak mengalami kecelakaan ya," tuturnya.

Selanjutnya, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menambahkan bahwa pemerintah telah mempersiapkan kebutuhan dan melakukan antisipasi terhadap kemungkinan lonjakan jumlah pemudik pada 2023 ini.

"Kebutuhan Lebaran itu memang sudah diantisipasi dan juga kebutuhan akan mudik karena diperkirakan kan mudik ini besar," imbuhnya.

Lebih jauh, dia menyebut bahwa beberapa persiapan yang telah dilakukan pemerintah, seperti ketersediaan bahan makanan dan minuman.

"Saya kira pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi lebaran, baik ketersediaan pasokan bahan makanan dan minuman," katanya.

Menurutnya, mudik Lebaran 2023 ini dapat lebih terkendali usai kasus Covid-19 melandai, setelah pada tahun sebelumnya masih diberlakukan pembatasan kegiatan di tengah masyarakat.

Ma'ruf mengingatkan kepada masyarakat perihal mudik menggunakan bus, dengan memanfaatkan beragam pilihan program mudik gratis.

"Sekarang ini banyak mudik gratis, ini dilakukan oleh pemerintah juga, pemerintah daerah oleh berbagai komunitas. Jadi ada mudik gratis, bus-bus yang disediakan untuk mereka yang mudik," pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper