Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pidato Lengkap Jokowi Usai Megawati Tunjuk Ganjar Sebagai Capres PDIP

Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi keputusan PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres. Berikut adalah pidato lengkap Jokowi.
Pidato Lengkap Jokowi Usai Megawati Tunjuk Ganjar Sebagai Capres PDIP. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu selama tiga jam di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023)./Istimewa
Pidato Lengkap Jokowi Usai Megawati Tunjuk Ganjar Sebagai Capres PDIP. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu selama tiga jam di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres usungan partai di Pilpres 2024.

"Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillah menetapkan Saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari PDIP," ujarnya, Jumat (21/4/2023).

Saat memberikan pengumuman, Megawati didampingi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa petinggi partai seperti Puan Maharani, Prananda Prabowo, dan Hasto Kristiyanto.

Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi keputusan PDIP tersebut dan memuji Gubernur Jawa Tengah tersebut sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat dan kerap turun ke lapangan memantau kondisi daerah pimpinannya.

Berikut ini adalah pidato lengkap Jokowi: 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita semua, Shalom, Om Swastiastu, Namo Budaya, Salam Kebajikan

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Ibu Prof. DR. Megawati Soekarno Putri yang saya hormati,
Bapak ibu seluruh keluarga besar PDIP yang terhormat,
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.
Seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai.

Proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) tahun 2024 sudah makin dekat. Sekarang ini saatnya rakyat perlu segera mengetahui siapa pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) agar rakyat memiliki kesempatan yang memadai untuk menilai dan menentukan pilihannya.

Oleh sebab itu, saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati Soekarno Putri selaku ketum PDIP yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo.

Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis, saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita. Namun, pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu.

Kemudian, Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program ungglan yang telah dicanangkan ideologi negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia.

Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional. Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

Dan semangat pemilihan presiden (pilpres) 2024 adalah semangat kontestasi program, semangat ide-ide besar untuk bangsa dan negara, saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya.

Semoga pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur.

Saya ingin mengucapkan selamat hari Kartini pada Ibu Megawati Soekarno Putri dan Mbak Puan Maharani serta perempuan-perempuan Indonesia. Pada rakyat Indonesia saya menyampaikan selamat idulfitri 1444 mohon maaf lahir dan batin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper