Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Pekerja Migran Disekap di Myanmar, Pemerintah Diminta Bentuk Satgas Khusus

Pemerintah diminta untuk membentuk satgas khusus penyelamatan WNI yang terjebak jobscam.
Myanmar/Wikipedia
Myanmar/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Informasi mengenai 20 pekerja migran yang disekap, diperbudak, disiksa, dan dijual di Myawaddy, Myanmar baru-baru ini menjadi viral di jagat maya.

Kabar ini menjadi viral setelah diunggah oleh akun Instagram @bebaskankami. Melalui unggahannya, para WNI tersebut diketahui mendapatkan tawaran pekerjaan di Bangkok, Thailand melalui Whatsapp.

“Kenyataannya mereka ditipu, kemudian digiring ke Myanmar untuk dijadikan scammer,” tulis akun @bebaskankami, dikutip Jumat (28/4/2023).

Dalam sebuah video yang diunggah oleh @bebaskankami, seorang wanita yang diketahui bernama Noviana Indah Susanti menyebut telah 6 bulan bekerja di perusahaan tersebut. Dia bersama 19 orang lainnya dipekerjakan sebagai scammer online atau penipu online.

Tak sampai di situ, mereka juga kerap kali disiksa sehingga mereka berharap adanya pertolongan dari pemerintah Indonesia.

“Tolong kami pak Jokowi bebaskan kami dari sini, keluarkan kami, masih ada keluarga kita yang menunggu kepulangan kita dengan selamat di Indonesia,” katanya sembari berderai air mata.

Dalam petisi yang dibuat oleh Freya Liberta melalui change.org, para WNI itu dipaksa bekerja selama selama 17-19 jam per hari, dihukum dengan hukuman fisik berupa lari 20-30 keliling, squat 300 kali, push up 200 kali, dan masih banyak lagi. 

Gaji yang diterima pun sangat minim, bahkan beberapa di antara mereka tidak menerima gaji sama sekali tetapi harus membayar biaya pengobatan dan membayar denda jika ada kesalahan. 

Masih dalam petisi itu, pemerintah diminta untuk membentuk satgas khusus penyelamatan WNI yang terjebak jobscam. Selain itu, meminta unit cyber crime untuk mengawasi iklan penipuan lowongan kerja di luar negeri yang saat ini marak di berbagai sosial media dan sudah menjerat banyak korban.

“Bantu kami menyebarkan berita ini untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan warga Indonesia. Jaga dan lindungi keluarga kita jangan sampai menjadi korban perdagangan manusia berkedok kesempatan kerja di luar negeri,” bunyi petisi tersebut.

Hingga berita ini ditayangkan, sudah ada 1.394 orang yang menandatangani petisi tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper