Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ma'ruf Amin Sebut Penciptaan Talenta Digital Jadi Fokus KTT Asean 2023

Ma’ruf Amin menyebut bahwa Indonesia dalam menjalani rotasi Keketuaan Asean turut berupaya mendorong kemunculan talenta digital.
Ilustrasi literasi keuangan digital/Freepik
Ilustrasi literasi keuangan digital/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyebut bahwa Indonesia dalam menjalani rotasi Keketuaan Asean turut berupaya mendorong kemunculan talenta digital.

Menurutnya, dalam penciptaan talenta digital yang berkualitas turut menjadi fokus yang akan dihasilkan dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-42 yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9—11 Mei 2023.

“Sehingga saya berharap tak hanya seluruh kementerian/lembaga terkait  yang dapat ambil bagian dalam tugas ini. Namun, saya juga berharap, kerja sama Asean akan memunculkan talenta digital di setiap negara Asean ke depan,” ujarnya saat membuka Leader’s Insight Disampaikan Pada Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023, Rabu (10/5/2023).

Menurutnya, dalam menyongsong era penggunaan kecerdasan buatan, Pemerintah Indonesia juga terus mengkaji dan mengamati perkembangan domestik dan global, untuk menghasilkan kebijakan yang efektif di bidang ini, dengan kolaborasi erat antara pemerintah, industri, ekonom, akademisi, dan ilmuwan, serta masyarakat.

Apalagi, dia melihat bahwa pada saat pandemi Covid-19 melumpuhkan dunia di awal 2020, beberapa ekonom dan lembaga keuangan memprediksi hilangnya banyak lapangan kerja karena digantikan robot dan mesin.

“Sebagian premisnya sederhana manusia bisa terkena Covid-19, sementara robot tidak. Meskipun dalam 2 tahun belakangan ramalan tersebut tidak terbukti, ini menuntun kita untuk lebih presisi dalam menyusun kebijakan, agar perkembangan teknologi digital justru dapat membangkitkan optimisme akan prospek yang cerah bagi para tenaga kerja kita,” pungkas Ma’ruf Amin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper