Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2023

Bersekolah di universitas kedokteran terbaik di dunia mungkin menjadi impian banyak orang. Adapun daftar universitas kedokteran terbaik seperti berikut.
Ini Daftar Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2023 - Dok. Medic Mind
Ini Daftar Universitas Kedokteran Terbaik di Dunia Tahun 2023 - Dok. Medic Mind

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia, universitas dengan jurusan kedokteran terbaik yaitu Universitas Indonesia di urutan pertama dan disusul Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua.

Lantas, universitas mana yang memegang predikat sebagai universitas kedokteran terbaik di dunia? 

Dalam artikel ini akan kami rangkum 10 universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di dunia. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Daftar Universitas Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Dunia

Rata-rata universitas kedokteran terbaik di dunia berada di barat yaitu berlokasi di Amerika Serikat dan Inggris Raya. Berikut urutan universitas jurusan kedokteran terbaik di dunia yang perlu diketahui. 

1. Universitas Harvard, Massachusetts, Amerika Serikat

Sekolah kedokteran ini menempati posisi pertama sebagai universitas jurusan kedokteran terbaik di dunia. Sekolah kedokteran Harvard didirikan pada tahun 1782 dengan program kesehatan medis yang berfokus pada mendidik siswa di bidang klinis dan biomedis agar dapat menjadi pemimpin di dunia medis.

2. Universitas Oxford, Oxford, Inggris

Sekolah kedokteran di Universitas Oxford menyediakan program pelatihan akademik dengan tahap pra-klinis tiga tahun diikuti dengan studi klinis tiga tahun. Universitas Oxford memfasilitasi para mahasiswanya untuk bekerja di laboratorium penelitian yang tersedia di divisi ilmu kedokteran untuk meningkatkan dan membantu pendidikan mereka.

3. Universitas Stanford, California, Amerika Serikat

Pada urutan ke-3 universitas terbaik jurusan kedokteran di dunia yaitu Universitas Stanford di Amerika Serikat. Universitas ini dikenal sebagai salah satu pelopor dalam ilmu kedokteran. Universitas Stanford berafiliasi dengan Stanford Health dan Stanford Children Health yang memiliki reputasi tinggi di bidang penitipan anak, saraf dan juga kardiologi, serta perawatan kehamilan.

4. Universitas Cambridge, Cambridge, Inggris Raya

Universitas kedokteran terbaik di dunia yang satu ini dengan program medis yang ditawarkan oleh universitas ini berupa program standar dan program pascasarjana. Kurikulum yang disusun mengutamakan pelatihan dan praktik ketat berbasis bukti bagi para siswanya untuk belajar.

5. Universitas Johns Hopkins, Amerika Serikat

Peringkat 5 ditempati oleh Universitas Johns Hopkins. Pembelajaran di sekolah kedokteran universitas ini menggunakan pendekatan terpadu. Universitas ini menawarkan berbagai program Medical Doctor dan Doctor dengan kurikulum yang fleksibel.

6. Universitas California, Amerika Serikat

Universitas California menempati urutan ke-6 sebagai universitas kedokteran terbaik di dunia dengan sekolah kedokteran yang bernama David Geffen. Sekolah Kedokteran David Geffen dikenal sebagai universitas termuda yang mempelopori di bidang kedokteran dan ilmu biomedis.

7. Universitas Yale, Amerika Serikat

Sekolah Kedokteran Yale dikenal sebagai perguruan tinggi dengan program Bachelor of Medicine & Bachelor of Surgery (MBBS) terbaik di dunia. Fokus utama universitas ini terletak pada peningkatan proyek inovasi kesehatan dan pengobatan melalui berbagai penemuan dan penelitian ilmiah.

8. University College London, Inggris Raya

Universitas kedokteran terbaik di dunia berikutnya Sekolah kedokteran UCL telah beroperasi sejak 1834 di London. Kini, UCL masih bekerja sama dengan tujuh rumah sakit pendidikan besar yang menyediakan pendidikan kedokteran kelas dunia. UCL sendiri memiliki reputasi yang cukup tinggi di bidang kedokteran baik itu dari lulusan akademisnya maupun fasilitasnya.

9. Imperial College, London, Inggris Raya

Universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di dunia berikutnya yaitu Sekolah Kedokteran Imperial College yang berdiri pada tahun 1997. Imperial College memegang penghargaan Athena SWAN karena mengakui pekerjaan dan layanan wanita di bidang medis.

10. Institut Teknologi Massachusetts / MIT, Amerika Serikat

Universitas kedokteran terbaik di dunia yang terakhir yaitu Institut Teknologi Massachusetts menempati urutan ke 10 universitas jurusan kedokteran terbaik di dunia. Sebenarnya, MIT itu sendiri tidak memiliki sekolah kedokteran. Namun, MIT bekerja sama dengan sekolah kedokteran Harvard serta berkolaborasi dengan rumah sakit wilayah Boston untuk pembelajaran di bidang Ilmu Kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper