Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Optimistis Dapat Dukungan PAN di Pemilu 2024

Ganjar Pranowo optimistis PAN bakal merapat ke ke barisan partai politik pendukungnya sebagai strategi pemenangan Pemilu 2024
Ganjar Optimistis Dapat Dukungan PAN di Pemilu 2024 / BISNIS - Dany Saputra
Ganjar Optimistis Dapat Dukungan PAN di Pemilu 2024 / BISNIS - Dany Saputra

Bisnis.com, JAKARTA – Bakal calon Presiden (Bacapres) PDIP Ganjar Pranowo optimistis Partai Amanat Nasional (PAN) bakal merapat ke ke barisan partai-partai yang mengusungnya di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah itu usai pertemuan antara PDIP dan PAN di DPP PDIP, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

“Insya Allah [PAN bakal merapat],” katanya kepda wartawan, Jumat (2/6/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Ganjar mengatakan bahwa pembicaraan yang dilakukan cukup panjang dan tidak terbatas soal Pemilihan Umum (Pemilu).

Ganjar menyebut partainya terbuka kepada partai-partai lain yang ingin bergabung atau menjajaki kerja sama politik ke depannya. Seperti diketahui, kini PPP dan Partai Hanura telah merapat ke PDIP untuk mengusungnya.

“Begitu banyak dukungan menurut saya jauh lebih bagus. Dan tadi bicaranya [PDIP dan PAN] cukup panjang tidak hanya sekadar cerita pilpres tapi cerita aliansi yang jauh lebih strategis,” tuturnya.

Untuk diketahui, kedua partai memang belum secara eksplisit mengungkapkan substansi atau hasil pertemuan tersebut.

Megawati Soekarnoputri mengatakan PDI Perjuangan atau PDIP akan membalas kunjungan Partai Amanat Nasional (PAN), usai kedua partai bertemu di kantor DPP PDIP hari ini, Jumat (2/6/2023) 

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa pertemuan hari ini dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, serta kedua elite partai tersebut, berjalan dengan aktif dan penuh dengan kebersamaan.

Ke depannya, Megawati bakal meminta para jajaran partainya untuk bisa mengunjungi kantor DPP PAN guna membalas kunjungan hari ini.

"Karena ini pertemuan pertama, silahkan tentunya mungkin dari PAN setelah pertemuan ini mendiskusikan secara internal. Hanya nanti setelah ini [PDIP] berkunjung ke DPP PAN, karena itu perintah saya," ujarnya usai pertemuan tertutup antara PDIP dan PAN, Jumat (2/6/2023).

Seperti diketahui, kedua partai bertemu untuk menjajaki kerja sama politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pada pertemuan tersebut, hadir pula Ganjar Pranowo.

Kendati tak ada hasil pertemuan secara signifikan yang disampaikan, PAN menilai pertemuannya dengan PDIP banyak mendiskusikan berbagai hal. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut pertemuan kali ini baru pertemuan pertama.

Salah satu isi pertemuan yang diduga dibahas yakni mengenai bergabungnya PAN untuk mengusung Ganjar sebagai Capres 2024. Begitu pula dengan potensi dicalonkannya Menteri BUMN Erick Thohir dengan Gubernur Jawa Tengah itu.

Namun demikian, Zulhas mengatakan bahwa pertemuan pertama partainya dengan PDIP belum matang membahas hal tersebut.

"Pertama, ini pertemuan pertama kami yang penuh persaudaraan dan persahabatan. Saling pengertian tapi ini kan pertama. Setelah ini sebagaima  partai politik ada mekanismenya," ucap Zulhad ketika ditanya soal potensi Erick Thohir disodorkan ke PDIP sebagai cawapres Ganjar.

Berdasarkan catatan Bisnis, PAN sebelumnya menyatakan telah berkoalisi dengan Golkar dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, PPP menyatakan mengusung Ganjar Pranowo, usai PDIP mengumumkan langsung Gubernur Jawa Tengah itu sebagai bakal calon Presiden dari partai tersebut untuk 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper