Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SpaceX Elon Musk Menangkan Kontrak Satelit Komunikasi Pentagon untuk Militer Ukraina

Pentagon membeli terminal dan layanan komunikasi satelit Starlink dari SpaceX milik miliarder Elon Musk untuk digunakan oleh militer Ukraina.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan CEO Tesla Elon Musk (kanan)/Bloomberg
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan CEO Tesla Elon Musk (kanan)/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pentagon membeli terminal dan layanan komunikasi satelit Starlink dari SpaceX milik miliarder Elon Musk untuk digunakan oleh militer Ukraina, kata Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS).

Melansir Bloomberg, Jumat (2/6/2023), terminal kemungkinan akan dibeli di bawah Prakarsa Bantuan Keamanan Ukraina, yang memenuhi kebutuhan keamanan jangka panjang negara yang dalam situasi perang.

Pada bulan Desember 2022, Departemen Pertahanan mengungkap dalam mengumumkan paket pendanaan yang akan menyediakan "terminal dan layanan" komunikasi satelit ke Ukraina, tetapi tidak mengonfirmasi bahwa perusahaan Musk akan mendapatkan kontrak tersebut.

“Kami terus bekerja dengan berbagai mitra global untuk memastikan Ukraina memiliki satelit tangguh dan kemampuan komunikasi yang mereka butuhkan,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

 “Komunikasi satelit merupakan lapisan penting dalam keseluruhan jaringan komunikasi Ukraina dan kontrak departemen dengan Starlink untuk layanan jenis ini.”

“Namun, untuk alasan keamanan operasional dan karena sifat kritis dari sistem ini, kami tidak memiliki informasi tambahan mengenai kemampuan, kontrak, atau mitra khusus untuk disediakan saat ini,” kata pihak Pentagon.

Para pejabat militer AS memuji peran terminal Starlink portabel di Ukraina sejak invasi Rusia dalam menjaga agar penduduk sipil tetap terhubung dan dalam menyediakan komunikasi penting bagi militer negara tersebut.

Pernyataan itu adalah perubahan terbaru dalam hubungan Pentagon yang sering diperdebatkan dengan Musk terkait terminal.

Pada Oktober lalu, Musk dilaporkan memberi tahu Pentagon bahwa SpaceX tidak akan terus membayar tagihan untuk terminal portabel, hanya untuk membalikkan posisi itu.

Rencana Perdamaian

Pada bulan yang sama, Musk menawarkan proposal perdamaian yang mengharuskan Ukraina tetap netral, menyerahkan Krimea ke Rusia, dan mengulang pemilihan di wilayah Ukraina yang diambil alih oleh Rusia.

"Ini kemungkinan besar akan menjadi hasil akhirnya - hanya pertanyaan tentang berapa banyak yang mati sebelum itu," tulis Musk di Twitter, yang sekarang menjadi miliknya.

“Juga perlu dicatat bahwa hasil yang mungkin, meskipun tidak mungkin, dari konflik ini adalah perang nuklir.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menanggapi dengan mengundang Musk, orang terkaya di dunia, ke Ukraina untuk melihat "apa yang telah dilakukan Rusia di sini".

 Zelensky memuji Starlink, dengan mengatakan bahwa "kehidupan dipertahankan" berkat terminal.

Baru-baru ini, Musk mengkritik penggunaan terminal Starlink oleh Ukraina untuk pertempuran, mengatakan dalam tweet Februari: “Starlink adalah tulang punggung komunikasi Ukraina, terutama di garis depan, di mana hampir semua konektivitas Internet lainnya telah dihancurkan. Tapi kami tidak akan membiarkan eskalasi konflik yang dapat menyebabkan WW3.”

Terminal komersial SpaceX, “seperti produk komersial lainnya, dimaksudkan untuk penggunaan pribadi, bukan militer, tetapi kami belum menggunakan hak kami untuk mematikannya. Kami berusaha keras untuk melakukan hal yang benar, di mana 'hal yang benar,' adalah pertanyaan moral yang sangat sulit," cuitnya.

Gwynne Shotwell, Presiden dan Chief Operating Officer SpaceX, mengatakan pada konferensi industri Februari di Washington bahwa Starlink digunakan dengan cara yang tidak diinginkan, yang sejak itu coba dihentikan oleh perusahaan.

“Itu tidak pernah dimaksudkan untuk dijadikan senjata,” katanya.

Ukraina "memanfaatkannya dengan cara yang tidak disengaja" dan melampaui komunikasi untuk militer. Dia mengutip laporan berita bahwa "mereka menggunakan teknologi kami pada drone."

SpaceX milik Musk telah menjalin ikatan yang kuat di Pentagon, membobol apa yang dulunya merupakan monopoli dua kontraktor pertahanan terbesar dan memenangkan kontrak untuk meluncurkan satelit keamanan nasional AS yang paling sensitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper