Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batik Indonesia Jadi Koleksi di Galeri Nasional Bulgaria

Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Sofia memfasilitasi donasi batik Indonesia rancangan Iwan Tirta kepada National Gallery Sofia, Bulgaria.
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta menyampaikan sambutan dalam penyerahan donasi batik Indonesia rancangan Iwan Tirta ke National Gallery Sofia, Bulgaria, Jumat (9/6/2023)./ANTARA/KBRI Sofia
Dubes RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta menyampaikan sambutan dalam penyerahan donasi batik Indonesia rancangan Iwan Tirta ke National Gallery Sofia, Bulgaria, Jumat (9/6/2023)./ANTARA/KBRI Sofia

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (RI) di Sofia memfasilitasi donasi batik Indonesia rancangan Iwan Tirta kepada National Gallery Sofia, Bulgaria.

Donasi batik sebagai wujud diplomasi budaya ini merupakan salah satu rangkaian acara pendukung dalam pagelaran konser besar KBRI Sofia bertajuk “Harmonature: Harmonizing the Nature of Nusantara” di Ancient Theater Plovdiv, Kamis (8/6/2023).

Batik Iwan Tirta yang dipamerkan di pojok spesial yang khusus didedikasikan oleh National Gallery Sofia untuk seni budaya Indonesia, diharapkan bisa menambah pengetahuan publik Bulgaria terhadap tradisi Indonesia dan terapannya dalam masyarakat modern saat ini.

Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan pemahaman lintas budaya sangat penting dalam memperdalam persahabatan Indonesia dan Bulgaria. Pemahaman tersebut dimulai dari informasi yang tepat dan menarik.

“Dalam hal ini, KBRI memfasilitasi donasi Batik Iwan Tirta kepada National Gallery di Sofia agar semakin banyak publik di Bulgaria yang paham mengenai warisan tak benda dari Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO,” ujar Iwan dalam keterangan tertulis KBRI Sofia, Sabtu (10/6/2023).

Iwan Tirta adalah salah satu maestro batik kebanggaan Indonesia yang turut berperan dalam memperkenalkan batik Indonesia ke dunia.

Pada kesempatan ini, Iwan Tirta Private Collection mendonasikan batik dengan motif Bangun Tulak Puspawarni Prada setelah proses diskusi antara kurator wastra Nusantara Sri Sintasari (Neneng) Iskandar, KBRI Sofia, dan kurator senior National Gallery di Sofia.

Kain Bangun Tulak Puspawarni ini dibuat pada 2015 yang awalnya diperuntukkan sebagai alas meja saat jamuan makan malam formal, dengan mengimbuhkan proses prada khusus untuk National Gallery di Sofia.

Tinta emas dalam proses prada dibubuhkan dengan menggunakan canting, menjadikan batik bersejarah ini tampil lebih mewah.

Bangun Tulak (bentuk wajik di tengah) merepresentasikan semesta alam dengan empat arahnya yaitu utara, selatan, timur, dan barat—sebagai simbol sebuah harapan agar segala yang buruk di dunia ini dapat digantikan oleh berkah dan lindungan.

Sementara motif bunga Puspawarni menampilkan ragam bunga yang didominasi oleh bunga anggrek, yang dipercaya sebagai lambang kejayaan dan diketahui pertama kali muncul di jaman Majapahit.

Resepsi donasi batik turut dihadiri oleh Direktur National Gallery Laraslova Boubnova, perwakilan dari Direktorat Kerja Sama Internasional Kementerian Pendidikan Bulgaria, serta para pemerhati seni lainnya.

Indonesia dan Bulgaria memiliki Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Kebudayaan pada 2016.

Saat ini KBRI sedang dalam diskusi dengan kementerian luar negeri serta kementerian kebudayaan Indonesia dan Bulgaria mengenai potensi untuk memperbaharui MoU tersebut yang disesuaikan dengan potensi kerja sama saat ini.

Langkah konkret dalam kerja sama tersebut adalah pertukaran pelaku seni budaya kedua negara yang secara berkelanjutan dapat menciptakan kelompok Indonesianis di Bulgaria sebagai salah satu aktor diplomasi budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper