Dukung Peningkatan SDM Lokal, Pupuk Kaltim Bangun Sarana Belajar LPK Binaan

Pembangunan ruang belajar untuk sarana pelatihan di Suvi Training merupakan bentuk komitmen Pupuk Kaltim terhadap pengembangan SDM lokal, baik secara soft skill maupun hard skill
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni (tengah) bersama Manager CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini memotong pita peresmian ruang belajar di Lembaga Pelatihan dan Kompetensi (LPK) Suvi Training./JIBI-Istimewa
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni (tengah) bersama Manager CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini memotong pita peresmian ruang belajar di Lembaga Pelatihan dan Kompetensi (LPK) Suvi Training./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Pupuk Kaltim membangun sarana penunjang pelatihan, berupa ruang belajar di Lembaga Pelatihan dan Kompetensi (LPK) Suvi Training, yang merupakan salah satu binaan sekaligus mitra kerja perusahaan guna mendukung peningkatan sumber daya manusia Bontang yang berdaya saing.

Ruang belajar dengan kapasitas lebih luas tersebut, diresmikan oleh Manager CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini, bersama Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, pada Jumat (24/7).

Fakhri mengatakan bahwa pembangunan ruang belajar untuk sarana pelatihan di Suvi Training merupakan bentuk komitmen Pupuk Kaltim terhadap pengembangan SDM lokal, baik secara soft skill maupun hard skill. Hal ini melihat ruang belajar sebelumnya yang sangat terbatas, sehingga peserta pelatihan yang bergabung di LPK binaan Pupuk Kaltim itu harus bergantian menimba ilmu.

“Dengan ruang belajar yang lebih luas, para peserta pelatihan dapat terakomodasi dengan baik, begitu juga transfer knowledge bisa lebih optimal berjalan,” ujar Fakhri.

Selain ruang belajar, Pupuk Kaltim juga meresmikan “Galeri Mitra” untuk display dan promosi hasil produksi mitra binaan Perusahaan di lokasi tersebut, dengan total anggaran pembangunan senilai Rp100 Juta. Fakhri berharap pembangunan sarana belajar sekaligus galeri mitra di Suvi Training, mampu meningkatkan daya saing produk serta kompetensi SDM Bontang melalui beragam keterampilan yang dikuasai.

Apalagi Pupuk Kaltim bersama seluruh LPK Binaan secara berkala telah menggelar berbagai pelatihan dan uji kompetensi bagi masyarakat Bontang di berbagai sektor, sehingga kemampuan yang dimiliki diharap mampu terserap dengan baik di pasar kerja, maupun meningkatkan peluang melalui usaha mandiri.

“Hari ini kita juga melepas 30 peserta magang hasil pelatihan Suvi Training, yang akan ditempatkan pada 7 perusahaan di Bontang. Ini kesempatan bagi SDM lokal untuk peningkatan kapasitas diri dengan terjun langsung di dunia kerja,” terang Fakhri.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengapresiasi peran Pupuk Kaltim terhadap pengembangan SDM lokal, melalui kerjasama dan sinergi aktif bersama Pemerintah Daerah, maupun LPK dan lembaga pelatihan sejenis di Bontang, yang selama ini berkontribusi melalui beragam pelatihan yang difasilitasi perusahaan.

“Selamat atas gedung baru Suvi Training dan terima kasih untuk Pupuk Kaltim yang sudah membantu pembangunannya. Kini para peserta pelatihan dapat belajar dengan nyaman,” tutur Neni.

Dukung peningkatan SDM lokal, Pupuk Kaltim bangun sarana belajar LPK Binaan
Dukung peningkatan SDM lokal, Pupuk Kaltim bangun sarana belajar LPK Binaan

Dirinya berharap dukungan Pupuk Kaltim melalui pembangunan gedung belajar bagi Suvi Training, semakin mendorong kapasitas SDM lokal, mengingat Bontang sebagai satu-satunya daerah yang memiliki industri hilir seperti pabrik Crude Palm Oil (CPO) di Kalimantan Timur, sepatutnya memiliki tenaga kerja yang kompeten di bidang tersebut.

Hal ini juga menjadi dorongan bagi Pemkot Bontang untuk lebih menggiatkan peran LPK dalam melatih kemampuan warga lokal, sehingga memiliki keterampilan dan keahlian yang tak kalah dari tenaga luar daerah.

“Melalui peran serta LPK, kita bisa menyiapkan calon tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan di Bontang, agar lebih banyak tenaga kerja lokal yang terserap,” pungkas Neni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper