Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma di Jakarta, Dampak Diskon PPnBM Terasa di Balikpapan

Auto2000 Balikpapan Sudirman mencatat kenaikan penjualan hingga 140 persen secara bulanan pada Maret atau bulan pertama diskon PPnBM berlaku.
Tim sales Auto2000 sudah memetakan kebutuhan dan melakukan pendekatan personel yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada warga setempat. /Auto2000
Tim sales Auto2000 sudah memetakan kebutuhan dan melakukan pendekatan personel yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada warga setempat. /Auto2000

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Industri otomotif di Balikpapan mengalami tren penjualan yang meningkat selama periode insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen pada 1 Maret hingga Mei 2021.

Sales Supervisor Auto2000 Balikpapan Sudirman, Herry Seftiyanto menyatakan pihaknya mengalami kenaikan penjualan hingga 140 persen dibanding Februari 2021.

“Dengan adanya kebijakan tersebut, Maret sampai Mei mengalami kenaikan,” ujarnya, Jum'at (11/6/2021).

Dia menambahkan, kebijakan tersebut sangat membantu penjualan terutama beberapa tipe kendaraan dengan besaran silinder di bawah atau sama dengan 1.500 cc.

Di mana, produk yang mendapat insentif PPnBM antara lain yaitu, Toyota Avanza, Rush, Sienta, Vios, dan yang baru saja diluncurkan adalah Raize.

“Pada bulan Maret 2021 total penjualan Cabang sebanyak 130 unit. [Bulan] sebelumnya, kita jual 60 unit,” katanya.

Dia menjelaskan kendaraan yang mendapatkan insentif berkontribusi sebanyak 89 unit dari total keseluruhan penjualan. “Bulan Maret itu naiknya 145 persen dari bulan sebelumnya,” jelasnya.

Menurutnya, penjualan tipe kendaraan lain seperti Innova dan Fortuner akan ikut tergerek dengan adanya insentif PPnBM dari pemerintah pada bulan Juni 2021.

“Tetapi memang ada beberapa tipe yang tidak terlalu terdampak oleh PPnBM yaitu Agya, Calya. Namun, juga memberikan kontribusi penjualannya sekitar 12 persen,” terangnya.

Herry merasa optimis terjadi peningkatan kembali pada semester II/2021dengan daya beli masyarakat yang semakin membaik.

“Saya optimis ada peningkatan, [karena] PPnBM ini memberikan dampak yang besar. Seandainya suplai dan stoknya bisa mengikuti maka banyak pasti lebih tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Daihatsu Balikpapan Nidzom menyatakan pihaknya juga mengalami pesanan yang pesat akibat insentif tersebut.

Namun, suplai stok yang tidak memadai menjadikan penjualan tidak berjalan dengan lancar.

“Hanya saja suplai kita tidak langsung mengikuti. Butuh waktu tetapi di bulan Juni langsung tersedia,” bebernya.

Ia mengungkapkan bahwa produk Daihatsu yang mendapatkan kebijakan PPnBM adalah Terios dan Xenia. “Terios paling banyak diminati,” ungkapnya.

Adapun, Nidzom mengatakan apabila kondisi Covid-19 stabil atau dengan kata lain tidak terjadi lonjakan yang tinggi di Balikpapan, maka penjualan akan terus  meningkat hingga akhir tahun

“Sampai akhir tahun adem adem aja, saya optimis penjualan 90 unit perbulan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper