Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Emas Antam di Balikpapan Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2022

ANTM mencatat terjadi kenaikan penjualan emas sebesar 10-15 persen untuk Kota Balikpapan sepanjang 2022.
Salah satu pegawai Butik Emas di Kota Balikpapan menunjukkan emas batangan Antam./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie
Salah satu pegawai Butik Emas di Kota Balikpapan menunjukkan emas batangan Antam./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mencatat terjadi kenaikan penjualan emas sebesar 10-15 persen untuk Kota Balikpapan sepanjang 2022.

Sales Senior Manager Aneka Tambang Yudi Hermansyah menyatakan di saat bersamaan penjualan ANTM tumbuh 20 persen.

“Jadi masih in line, Balikpapan nggak terlalu ketinggalan. Pertumbuhan penjualan tetap di Jakarta [paling besar] karena uang berputar di sana dan orang saving untuk investasi masa depan,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (20/9/2022).

Dia menambahkan, Balikpapan mencatatkan penjualan paling tinggi se Kalimantan. “Di Kalimantan ada 2 lokasi butik, di Kota Balikpapan dan Banjarmasin. Butik emas di Balikpapan menjadi daerah di luar Pulau Jawa paling besar transaksinya,“ katanya.

Yudi mengungkapkan bahwa justru berencana merelokasi Banjarmasin ke kota lain, mengingat berbagai upaya untuk mengeskalasi penjualan sudah dilakukan tapi masih belum sesuai dengan yang diharapkan.

“Lagi survey lokasi yang lebih prospek. Pertumbuhan tidak sebesar Balikpapan,” katanya.

Yudi menjelaskan sebelum membuka butik pihaknya melakukan sejumlah upaya, seperti membuka pameran atau booth di mal sambil melakukan edukasi dan juga melakukan test market.

“Karena tugas mengedukasi agar mau berinvestasi emas cukup menantang. Kita berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti perbankan atau komunitas untuk meningkatkan awareness, baru bisa berpikir untuk membuka cabang butik,” jelasnya.

Selanjutnya, dia menyebutkan butik emas di Balikpapan sudah berjalan hampir 5 tahun dengan penjualan mencapai 260 kilogram per tahun, dengan rata-rata penjualan 10 gram tiap bulannya.

“Jadi, kurang lebih ada 2.200 transaksi per bulan, begitu banyak masyarakat yang berinisiatif menabung emas ini tahun 2022,” sebutnya.

Menurutnya, pelanggan emas usia 30 hingga 40 tahun mendominasi pembelian emas batangan dengan berat 5 dan 10 gram yang paling banyak dicari.

“Ini sangat make sense, karena usia yang produktif dan paling banyak memiliki pendapatan dan saving,” katanya.

Dia menuturkan bahwa tren emas perhiasan secara volume pertumbuhannya di bawah 5 persen dalam kurun 2 tahun diantara emas perhiasan, batangan, dan emas digital

“Selain kita menyediakan emas dalam bentuk batangan, kita menyediakan program BRANKAS. apabila nanti ingin mendapatkan informasi konkret silakan optimal kan butik emas Balikpapan,” tuturnya.

Sementara itu, ANTM melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia melakukan relokasi Butik Emas Logam Mulia (BELM) Balikpapan.

Sekretaris Perusahaan Syarif Faisal Alkadrie menyatakan relokasi yang efektif dilakukan sejak hari ini tersebut bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat Balikpapan dan sekitarnya, dalam melakukan transaksi produk logam mulia ANTAM di BELM Balikpapan.

“Perusahaan juga mendesain ulang interior BELM Balikpapan dengan nuansa yang lebih modern, elegan, dan luas, guna memberikan pelayanan prima serta pengalaman berinvestasi emas yang yang lebih baik bagi pelanggan,” katanya.

Anggota MIND ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, ini mengumumkan bahwa BELM Balikpapan berpindah lokasi ke Ruko Balikpapan Super Block (BSB), Jalan Jendral Sudirman, Blok A-3 dan A-5 RT 16 Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan Kalimantan Timur.

Sebagai informasi, BELM Balikpapan memberikan promo menarik untuk periode 19-24 September 2022 berupa harga pabrik bagi pelanggan yang melakukan transaksi pembelian secara langsung maupun secara daring di www.logammulia.com, gratis keanggotaan BRANKAS LM untuk tahun pertama (tipe bronze), voucher belanja dan souvenir menarik dengan syarat & ketentuan yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper