Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Objek Wisata Populer di Kaltim Padat Pengunjung Saat Lebaran, Apa Saja?

Sejumlah titik wisata di Kalimantan Timur (Kaltim) dikabarkan padat oleh para wisatawan saat libur lebaran.
Papan nama Pulau Derawan di Kabupaten Berau
Papan nama Pulau Derawan di Kabupaten Berau

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Sejumlah titik wisata di Kalimantan Timur (Kaltim) dikabarkan padat oleh para wisatawan saat libur lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah menyatakan hampir seluruh objek wisata di daerah ini menjadi tujuan utama bagi wisatawan selama periode liburan tersebut.

Menurutnya, berbagai objek wisata di Kaltim, yang terdiri dari kawasan pengembangan pariwisata dan kawasan strategi pariwisata provinsi, telah menarik perhatian wisatawan, mulai dari pantai dan hutan mangrove hingga museum dan taman nasional.

"Kami telah melakukan koordinasi dan persiapan antisipasi kesiapsiagaan bersama Tim Terpadu, Polda Kaltim, dan mitra usaha pariwisata sebelum libur lebaran," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/4/2023).

Dia menambahkan pihaknya telah mengirimkan surat ke Dispar kabupaten/kota di Kaltim untuk mengantisipasi kesiap-siagaan di destinasi wisata yang menjadi titik keramaian wisatawan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dan sektor swasta, untuk memastikan kesiapsiagaan infrastruktur dan pelayanan di berbagai destinasi wisata.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengakomodasi peningkatan jumlah wisatawan selama periode libur lebaran dan menjaga kenyamanan serta keamanan mereka.

Berikut adalah lokasi wisata populer di Kaltim yang dipadati oleh wisatawan saat lebaran:

Kawasan Pengembangan Pariwisata 2 (KPP2) meliputi Kota Balikpapan: Pantai Manggar, Pantai Lamaru, Mangrove Center, Penangkaran Buaya, Beruang Madu, dan mal di Balikpapan; Kabupaten Kutai Kartanegara: Bukit Bengkirai, Bos Orang Utan Samboja, Sungai Hitam, dan Pantai Cemara; Penajam Paser Utara (PPU): Tanjung Jumelai, Mangrove, Penangkaran Rusa, dan Wisata Sawah; Paser: Museum Sadurengas, Gunung Boga, Kampung Warna Warni, Goa Tengkorak, dan Pasir Mayang.

Kawasan Strategi Pariwisata Propinsi 1 (KSPP 1) meliputi, Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban, Maratua, Kaniungan, Labuan Cermin, Museum Gunung Tabur, dan Museum Sambaliung.

KSPP 3 meliputi Kawasan 3 Danau yaitu Danau Semayang, Melintang, dan Jempang di Kabupaten Kubar dan Kukar; Kota Samarinda seperti, wisata Susur Sungai Mahakam, Desa Pampang, Kawasan Wisata Betapus, Kampung Ketupat, Madjid Sirotol Mustaqim, Islamic Center, dan Kampung Tenun.

KPP 1 meliputi, Kota Bontang: Beras Basah, Mangrove Pulau Malahing; Kabupaten Kutai Timur: Taman Nasional Kutai Ulin, Orang Utan, Pantai Sekerat, dan Karst Sangkulirang Mangkalihat.

KPP 3 Mahakam Ulu meliputi Sungai Alan Riam Panjang dan Riam Udang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper