Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Relationship

Hindari ‘Lintah Darat’, Berikut 4 Tips Pinjam Uang Secara Online

Newswire
Rabu, 5 Desember 2018 - 07:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran layanan keuangan berbasis teknologi alias fintech memudahkan orang yang membutuhkan pinjaman uang, tapi tak punya syarat memadai untuk mengajukannya ke bank. Namun, hati-hati sebelum meminjam uang secara online, pastikan yang dipilih bukan lintah darat yang bakal membebani diri Anda dengan bunga tinggi.

Konsultan keuangan Imelda Tarigan di Jakarta, Selasa (4/12/2018), menjabarkan beberapa pertimbangan sebelum meminjam uang lewat fintech, sebagai berikut:

1. Cek legalitas Imelda mengatakan carilah lembaga yang kinerjanya bisa dipertanggungjawabkan. "Apakah lembaga itu diawasi Otoritas Jasa Keuangan? Lihat legalitasnya," ujar Imelda di peluncuran Pinjaman Tunai Kredivo. Per Oktober 2018 tercatat ada 78 fintech pinjam-meminjam yang sudah terdaftar di OJK.

2. Bunga yang wajar Carilah lembaga yang memberlakukan bunga sewajarnya. Bila terlalu tinggi, pengguna justru bakal stres dalam membayar utang.

3. Survei

Coba pastikan apakah lembaga tersebut memang ada, bukan penipu berkedok fintech. Anda bisa mengecek ke alamat kantor yang tertera, kemudian memastikan apakah janji-janji yang ditawarkan memang betul ditepati..

4. Testimoni

Jangan lupa mencari testimoni dari orang lain yang sudah pernah meminjam dari lembaga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro