Ilustrasi/Quartsoft
Relationship

Tips Belanja Bijak di Momen Harbolnas Agar Kantong Tak Bolong

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Desember 2018 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesta belanja online terbesar di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018, akan segera berlangsung pada 11-12 Desember mendatang.

Ajang yang diikuti lebih dari 300 e-commerce di Indonesia memberikan promo menarik kepada masyarakat Indonesia, seperti potongan harga hingga 90% dan cashback hingga 120% dari ShopBack. 

Harbolnas memang momen pesta belanja yang paling banyak ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Bahkan berdasarkan riset Shopback terhadap Harbolnas ini, sebanyak 22% masyarakat Indonesia mengaku berbelanja online pertama kalinya saat Harbolnas berlangsung. Keinginan untuk belanja online tidak lepas dari tiga faktor utama, yakni voucher, harga spesial dan juga promo-promo menarik 

Country Head of ShopBack Indonesia, Indra Yonathan mengatakan Harbolnas sebagai babak akhir dari rangkaian pesta belanja online yang ada di Indonesia. “Hal ini lah yang menjadikan Harbolnas paling dinantikan masyarakat Indonesia. Disamping itu, dengan bergesernya pola konsumsi masyarakat Indonesia ke online, ajang ini menjadi berkah bagi semua pihak, baik dari konsumen, pelaku e-commerce bahkan juga para UMKM dan IKM yang sudah merambah ranah ekonomi digital.”

ShopBack, sebagai platform gaya hidup yang mendorong masyarakat belanja hemat dan cermat mencoba memberikan kiat-kiat untuk belanja hemat dan cermat saat Harbolnas berlangsung sebagai berikut:

1.  Prioritas barang-barang yang ingin dibeli

Sebelum memasuki periode pesta belanja online, buatlah daftar barang yang ingin dibeli dan tentunya paling Anda butuhkan. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam wishlist  yang ada di platform e-commerce kesayangan Anda. 

2.  Cermati dengan seksama S&K promo

Agar tidak merasa tertipu dengan promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce saat Harbolnas, tidak ada salahnya Anda menyempatkan satu menit waktu belanja untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari program promo yang berlaku. Pastikan promo tersebut berlaku untuk barang-barang yang ingin Anda beli.

3.     Belanja di saat sepi pengunjung

Berdasarkan data historikal Shopback, waktu yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia saat pesta belanja online berlangsung  adalah pukul 09:00 - 11:00 pagi.  Data ini pun diperkuat dengan hasil survey yang dilakukan Shopback pada Harbolnas tahun lalu, dimana sebanyak 31% responden mengaku berbelanja saat Harbolnas pada pukul 09.00-12.00 dan 19% pada pukul 12.00 -15.00.

Untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan, cobalah untuk berbelanja di waktu-waktu selain waktu di atas.

4.  Check Harga Pasar

Tidak ada salahnya untuk melakukan sedikit riset terkait harga barang-barang yang Anda beli. Harga-harga tersebut dapat menjadi acuan apakah harga yang ada di platform tersebut tidak dimanipulasi oleh penjual.

5.  Belanja di toko resmi

Jika Anda ragu akan keaslian produk, belilah produk di toko resmi yang sudah mendapat verifikasi dari platform e-commerce dan memiliki rating toko yang bagus dari pengguna e-commerce. Toko yang telah terverifikasi tentunya Anda sudah mendapatkan jaminan bahwa produk yang Anda pesan adalah produk Asli. Sempatkan juga untuk membaca secara mendalam review dan keterangan produk yang biasanya terdapat di dalam halaman produk. 

6. Berlangganan Newsletter dari Kurator Promo 

Agar tidak ketinggalan informasi promo dari beberapa e-commerce, tidak ada salahnya Anda berlangganan newsletter dari kurator promo e-commerce seperti Shopback. Dari newsletter ini, Anda bisa mengetahui promo-promo apa yang ditawarkan platform e-commerce selama Harbolnas berlangsung.

7.  Bijaklah mencari tambahan promo atau cashback yang bisa Anda dapatkan lewat aplikasi pihak ketiga

Carilah promo belanja yang benar-benar menguntungkan Anda. Selain potongan harga yang dari e-commerce, carilah promo diskon tambahan lainnya. Biasanya ini banyak ditawarkan dari bank-bank atau sistem pembayaran rekanan saat Harbolnas. Atau Anda juga bisa mendapatkan cashback hingga 120% jika melakukan transaksi belanja online di ecommerce favorit anda lewat platform ShopBack. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro