Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Fashion

Makna Baju Koko Putih Jokowi-Ma’ruf di Debat Capres 2019

Newswire
Jumat, 18 Januari 2019 - 11:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penampilan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo atau Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Uno dalam debat capres 2019 putaran pertama, Kamis (17/1/2019), mendapat perhatian publik. Pengamat mode Sonny Muchlison mengatakan, Jokowi-Ma’ruf yang memakai baju koko berwarna putih menunjukkan sesuatu yang bersih dan apa adanya.

Jokowi mengenakan peci hitam, kemeja putih dan celana panjang hitam, sedangkan Ma'ruf Amin menggunakan baju koko putih, kain sarung, dan peci hitam.

Menurut Sonny, Jokowi konsisten dalam penampilan. Sejak mencalonkan diri pertama kali sebagai presiden, Jokowi tetap mengenakan putih dan ketika terpilih ia melakukan hal yang sama.

"Putih itu kan bersih dari segala hal. Jokowi sudah konsisten dengan putih. Dengan pakaian seperti itu, Jokowi lebih menunjukkan apa adanya walau ia tahu sedang berada dalam acara debat," ujar Sonny, Kamis (17/1/2019).

Sonny juga memuji kain sarung yang dikenakan oleh Ma'ruf Amin. Menurutnya, Ma'ruf menggunakan kain dengan motif yang tidak seperti biasanya. Ma'ruf dianggap lebih 'sadar' dengan penampilan.

"Kalau dilihat dengan jelas, itu kainnya seperti ada motif hati, tapi dengan warna yang gelap, ada hijaunya juga tapi yang redup. Itu menggambarkan sarung buat pertemuan, bukan buat beribadah. Sarungnya lebih ke pelangi warna. Dia tahu sedang berada di acara formil dan diselenggaran malam hari," ujar Sonny.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan jika keduanya akan menggunakan pakaian rakyat yang sederhana.

Sonny pun setuju jika pasangan tersebut sudah menunjukkan identitasnya.

"Identitas Indonesianya lebih terlihat," kata Sonny.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro