Restoran Republik Jengkol di Kramatjati, Jakarta Timur./Dok. PDIP
Kuliner

‘Republik Jengkol’ di Kramatjati, Apa Istimewanya hingga Dikunjungi Politisi PDIP?

Nancy Junita
Sabtu, 19 Januari 2019 - 13:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan rombongan mampir di restoran Republik Jengkol yang menyediakan menu serba jengkol, saat safari politik kebangsaan PDIP.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (19/1/2019), Hasto menyebut bahwa dalam setiap safari politik, PDIP menggelorakan kuliner rakyat.

Kali ini, Hasto dan rombongan mencicipi hidangan serba jengkol di restoran Republik Jengkol, depan Masjid Jampat Tarbiyah, Kramatjati Jakarta Timur.

Republik Jengkol menawarkan aneka makanan berbahan jengkol, seperti  Soto Betawi, tongseng, balado, rendang, semur, mi, pasta.

“Ini bagian dari keajaiban cita rasa makanan Indonesia dengan bumbu-bumbu yang membentuk makanan yang dibayangkan seperti bercita rasa surge,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, mempopulerkan menu Indonesia adalah  bagian dari nafas cinta Indonesia.

‘Republik Jengkol’ di Kramatjati, Apa Istimewanya hingga Dikunjungi Politisi PDIP?

“Kami diingatkan terus oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, pesan Bung Karno agar dari lidah dan perut rakyat Indonesia tidak boleh terjajah oleh makanan impor,” tukas Hasto.

 “Nikmati cita rasa menu Nusantara, gelorakan kebanggaan bangsa dengan cara sederhana. Itulah pesan Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” tambah Hasto.

Jengkol atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk suku polong-polongan.

Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitian, jengkol sangat berkhasiat mencegah jantung koroner, diabetes, maag, bermanfaat bagi penguatan tulang gigi, meningkatkan protein, dan menstabilkan organ vital pada tubuh.

Jengkol mengandung antioksidan tinggi, baik untuk mencegah berbagai penyakit kronis. Jenis antioksidan yang dimiliki jengkol adalah polifenol, flavoniod, terpenoid, dan alkaloid.

Zat-zat antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari efek samping radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolik lain.

Meskipun masih sedikit penelitian yang membuktikan manfaat jengkol, namun salah satu percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa jengkol mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Jika dilakukan penelitian lebih lanjut, bukan tidak mungkin para ahli dapat membuktikan jengkol baik untuk mencegah penyakit diabetes dan mengendalikan gula darah.

‘Republik Jengkol’ di Kramatjati, Apa Istimewanya hingga Dikunjungi Politisi PDIP?

Risiko Kebanyakan Makan Jengkol

 Makan jengkol membuat Anda terhindar dari sakit maag. Percobaan yang dilakukan pada tikus menunjukkan jika tikus yang makan jengkol cenderung terlindung dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sakit maag.

Kelompok tikus yang mengonsumsi jengkol mengalami peningkatan enzim superoxide dismutase (SOD), yaitu enzim yang berperan penting dalam melindungi dinding lambung dari luka akibat asam lambung.

Tapi, jengkol juga terbukti mengandung beberapa zat yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Dalam beberapa penelitian, jengkol memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan masalah pada sistem perkemihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro