Mujrtal karya Bansky/Reuters
Entertainment

Mural ‘Season’s Greetings’ Karya Banksy Terjual Rp1,82 Miliar

Eva Rianti
Sabtu, 19 Januari 2019 - 02:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – ‘Season’s Greetings’, mural karya seniman jalanan asal Inggris Banksy yang belakangan telah menarik perhatian dunia, dikabarkan telah terjual dengan harga lebih dari 100.000 pound sterling (Rp1,82 miliar) kepada dealer seni Inggris.

Mural tersebut dilihat dari satu sisi menggambarkan seorang anak kecil terbungkus dingin dengan lidah yang menjulur dan lengan terangkat tinggi yang menangkap serpihan salju.

Namun, jika di lihat dari sisi lain pada sudut garasi, ternyata serpihan putih sebenarnya adalah abu dari tempat sampah industri. Mural itu muncul bulan lalu di tepi Teluk Swansea, rumah bagi salah satu pabrik baja terbesar di dunia.

“Saya membelinya dan harganya enam digit,” kata John Brandler dari Brandler Galleries pada Jumat (18/1/2019).

“Saya meminjamkannya ke Port Talbot selama minimal 2 atau 3 tahun. Saya ingin menggunakannya sebagai pusat seni yang akan membawa seniman terkenal internasional ke Port Talbot,” lanjutnya.

Brandler, 63 tahun, mengatakan seluruh mural yang ada di garasi tersebut harus dipindahkan utuh. Dia menolak untuk memberikan harga spesifik untuk potongan itu.

Ketika ditanya bagaimana dia bisa membeli barang-barang mewah seperti itu, dia berkata, “Saya seorang pedagang seni. Saya memiliki beberapa [karya] Banksy, saya juga memiliki (John) Constable, (Thomas) Gainsborough, (Joseph Mallord William) Turner, saya punya (artis urban) Pure Evil, saya punya segala macam seni,” ujarnya.

Banksy, yang merahasiakan nama aslinya, telah menjadi seniman jalanan paling terkenal di dunia. Karya-karya perupa jalanan yang legendaris dan misterius ini pertama kalinya muncul di tembok-tembok paris. Sebagian muralnya merupakan kritiknya terhadap kapitalisme dan krisis pengungsi yang sedang meliputi Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro