Film Aladdin/Istimewa
Relationship

Makna Lagu Prince Soundtrack Film Aladdin

Akbar Evandio
Rabu, 5 Juni 2019 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian baru memotret bahwa di film Disney’s Aladdin, tokoh Genie memberikan nasihat-nasihat yang baik kepada Aladdin sehingga, Jin dari Aladdin adalah seorang psikolog evolusi yang brilian.

Mengutip melalui laman web Pychology today, Genie tokoh jin di film Aladdin sepertinya menghabiskan waktunya ketika berada di dalam kurungan lampu ajaib dengan membaca tentang metode menikah dari sisi psikologi.

Salah satunya, terangkum jelas melalui adegan parade dimana Genie menjadi peran pengantar agung Aladdin untuk menemui Sultan dan Jasmine, Genie menyanyikan "Pangeran Ali. Sehingga, bila ditelusuri lebih dalam, Genie adalah seorang psikolog yang hebat, beberapa kutipan lagu yang memiliki pesan tersirat secara psikologi diantaranya adalah :

1. Status Sosial

"Genuflect, tunjukkan rasa hormat, berlutut!"
Menunjukan dari sepanjang lagu, Jin menekankan status Aladdin sebagai Pangeran Ali. Dia merujuk kekayaannya yang luar biasa dan "kebun binatang kelas dunia" dari "mamalia tipe eksotis."

Wanita, rata-rata, tertarik pada pria berstatus tinggi. Dalam sebuah penelitian terhadap 21.973 pria di AS, peneliti menemukan bahwa semakin tinggi status sosial ekonomi pria, semakin tinggi peluangnya untuk menikah.

Lebih jauh, penelitian telah menemukan bahwa wanita yang sukses secara finansial bahkan lebih penting untuk menarik pasangan yang secara finansial kaya, berpendidikan, dan cerdas.

Wanita yang sukses, dibandingkan dengan wanita yang kurang sukses, memiliki preferensi yang lebih kuat untuk bermitra dengan pria yang sukses. Ini menjelaskan mengapa Jin, menyadari posisi kerajaan Jasmine, melebih-lebihkan kedudukan sosial Aladdin yang tinggi.

2. Kekuatan

"Kuat seperti 10 pria biasa, pasti!"
Pada satu titik, jin menembakkan jari ajaibnya pada Aladdin, yang memungkinkan Aladdin mengangkat sekelompok pria di atas kepalanya. "Dia menghadapi gerombolan yang berlari kencang, seratus orang jahat dengan pedang!"

Satu studi terhadap lebih dari 7.000 pria menemukan bahwa massa otot dikaitkan dengan lebih banyak pasangan seksual pada tahun lalu dan lebih banyak pasangan seksual secara keseluruhan.

Lebih mengejutkan lagi, para peneliti telah menemukan bahwa kemampuan fisik pria adalah prediktor yang lebih baik daripada daya tariknya untuk berapa banyak pasangan yang telah dimilikinya.

Para peneliti menemukan bahwa betapa tangguhnya penampilan seorang pria meramalkan keberhasilan kawinnya lebih baik daripada penampilannya yang menarik. Para peneliti menyimpulkan, "Pria dengan dominasi fisik lebih tinggi, tetapi tidak memiliki daya tarik seksual, melaporkan keberhasilan perkawinan kuantitatif yang lebih tinggi."

3. Kemurahan hati

"Dia punya sembilan puluh lima monyet Persia putih, dan untuk melihatnya, dia tidak memungut biaya (dia murah hati, sangat murah hati)."
Aladdin menurunkan setumpuk koin emas ke penghuni Agrabah sebagai Jin dan rombongannya menyanyikan lirik-lirik ini.

Psikolog evolusi Geoffrey Miller telah menulis bahwa kebajikan moral seperti kebaikan, kedermawanan, dan kepahlawanan mungkin sebagian telah berevolusi sebagian melalui pilihan pasangan.

Jelas, nenek moyang kita menajamkan moral kita fitur moral dengan memilih pasangan yang baik hati. Penelitian telah menunjukkan, misalnya, bahwa pria lebih cenderung menyumbang untuk amal ketika mereka diamati oleh wanita.
Kebaikan berfungsi sebagai indikator kebugaran yang mahal. Seperti yang dikatakan Miller, “jika suatu sinyal begitu mahal sehingga hanya kesehatan tinggi, status tinggi, dan hewan kondisi tinggi yang mampu memproduksinya, sinyal tersebut dapat tetap dapat diandalkan secara evolusioner.” Seorang pria kaya, yang percaya diri dalam saku dalamnya, mampu untuk berikan kekayaan yang sangat besar.

4. Daya tarik

"Pangeran Ali! Tampan dia, Ali Ababwa ”
The Genie menekankan ketampanan Aladdin, sementara Aladdin memberikan kerumunan senyuman.

Penampilan adalah isyarat untuk kesehatan yang baik. Bagi manusia purba, kawin dengan seseorang yang tidak sehat akan menimbulkan risiko serius, seperti tidak dapat menyediakan makanan, perlindungan, dan membantu membesarkan anak-anak.

Penelitian telah menemukan bahwa wanita menilai wajah simetris dan wajah maskulin lebih menarik. Penelitian yang dipimpin oleh Victor Johnston mengungkapkan bahwa ketika para peneliti menunjukkan gambar wajah wajah laki-laki perempuan dan meminta mereka untuk memilih pria yang terlihat paling sehat, respons mereka tidak dapat dibedakan dari penilaian mereka terhadap pria "paling menarik".

Lalu ada hipotesis putra seksi. Idenya adalah bahwa perempuan memilih laki-laki yang menarik bagi perempuan lain. Ini karena jika mereka memiliki anak, kemungkinan besar anak itu juga menarik. Anak itu kemudian akan menjadi orang dewasa yang menarik dan sukses secara reproduktif. Richard Dawkins, dalam bukunya The Selfish Gene, telah menulis, "Hasil dari ini adalah bahwa salah satu kualitas yang paling diinginkan seorang pria di mata seorang wanita, cukup sederhana, daya tarik seksual itu sendiri."

5. Kejujuran

"Kamu harus katakan kebenaran kepadanya!"
Ini bukan kutipan dari lagu, melainkan dari adegan nanti di film. Aladdin tidak ingin Jasmine mengetahui bahwa dia sebenarnya bukan seorang pangeran tetapi "tikus jalanan". Jin menyarankannya untuk jujur padanya.

Pertimbangkan temuan-temuan dari makalah baru berjudul Be yourself: Authenticity sebagai strategi kawin jangka panjang, yang dipimpin oleh psikolog Lawrence Josephs di Adelphi University.

Para peneliti menemukan bahwa kejujuran dikaitkan dengan hubungan positif. Bahkan, kejujuran adalah prediktor yang lebih baik dari kepuasan hubungan saat ini daripada kecerdasan emosional.
Mereka juga menemukan bahwa orang-orang otentik cenderung kawin dengan orang-orang otentik lainnya, menunjukkan bahwa penipuan juga cenderung menarik penipuan lainnya. Jika Anda adalah orang palsu, Anda mungkin meningkatkan peluang Anda bermitra dengan orang-orang palsu lainnya.

Para peneliti menyimpulkan bahwa keaslian membutuhkan pengambilan risiko emosional, yang merupakan sinyal komitmen dan minat yang mahal. Ini sebagai isyarat yang dapat diandalkan bahwa orang seperti itu layak sebagai mitra jangka panjang.

Pada akhirnya, Aladdin bersih dengan Putri Jasmine. Mereka jatuh cinta dan menikah, dengan demikian, secara tidak langsung, memenuhi keinginan asli Aladdin untuk menjadi seorang pangeran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro