Ilustrasi - Mangut Manyung Bu Fat di Semarang./Bisnis-Tim Jelajah Jawa Bali 2019
Kuliner

KULINER : Terpikat Mangut Manyung Bu Fat di Semarang

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Sabtu, 8 Juni 2019 - 17:32
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Di Semarang, ada kuliner legendaris yang letaknya tak jauh dari Simpang Lima. Masyarakat Semarang pasti sudah tak asing dengan nama Warung Ikan Mangut Manyung Bu Fat. Pusatnya berada di Jalan Ariloka, Semarang Barat.

Ikan manyung kha Bu Fat telah kesohor dan menjadi primadona kuliner di Semarang. Banyak tokoh terkenal yang singgah di rumah makan ini untuk mencicipi sensasi mangut yang pedas dan ikan manyung asap yang khas.

Kuliner ini diolah dengan bumbu mangut dengan cita rasa pedas yang cukup nendang. Selain itu, ikan yang digunakan juga tidak biasa dipadukan dengan bumbu mangut, yakni ikan manyung, tepatnya bagian kepala.

Kepala ikan manyung asap, dipadu dengan bumbu mangut yang kaya rempah, dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang dan dahi berkeringat.

KULINER : Terpikat Mangut Manyung Bu Fat di Semarang

Warung makan ini selalu ramai saat jam makan siang. Bahkan tak jarang pelanggan harus antre untuk dapat menyesap nikmatnya ikan manyun dengan balutan bumbu mangut. Saat Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 menyambangi warung makan ini, Sabtu (8/6/2019) kondisinya riuh-rendah. Beruntungnya kami masih mendapat tempat duduk.

Tak heran jika warung makan ini tak pernah sepi pelanggan dan penggemarnya selalu bertambah. Resep asli mangut manyung Bu Fat pertama kali menemui pelanggan pada 1969. Hingga kini, resep tersebut telah turun ke 3 generasi atau 50 tahun.

Per hari, warung Bu Fat di pusatnya saja mampu menyajikan ratusan porsi ikan manyung. "Satu hari hisa habis satu ton (kepala ikan manyung," kata salah seorang karyawan Warung Makan Bu Fat.

Selain ikan manyung yang menjadi primadona, juga tersedia menu ikan lain yang tak kalah menggoda. Antara lain, bawal dan bandeng bumbu kuning, cumi-cumi, kikil, ikan sembilang, dan lain-lain.

Jika kebetulan sedang berada di Semarang, tidak ada salahnya singgah di tempat makan ini. Patut dicoba san layak disinggahi!

KULINER : Terpikat Mangut Manyung Bu Fat di Semarang

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro