Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Siapkah Anda Menua Dengan Bahagia?

Tika Anggreni Purba
Selasa, 9 Juli 2019 - 11:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Usia 60 tahun ke atas di Indonesia telah disebut sebagai lansia. Sedikit berbeda dengan di luar negeri yang mengkategorikan lansia pada usia 65 tahun ke atas. Seiring bertambahnya usia, semua orang akan menjadi lansia. Pertanyaannya, apakah Anda siap menjadi lansia yang bahagia?

Dalam ilmu geriatri disebutkan bahwa semua aspek manusia akan menua, termasuk juga dalam kesehatan. Penyakit pada lansia biasanya terkait dengan penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes melitus, kolesterol tinggi, jantung koroner, dan lain-lain.

“Proses menua secara alami akan dialami oleh setiap manusia, yang tidak dapat dihentikan atau dicegah, tetapi dapat diperlambat,” ujar dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri Rensa, dari RS Atma Jaya pada acara Grand Opening RS Atma Jaya Paviliun Bonaventura di Pluit, Selasa (9/7/2019).

Rensa mengatakan bahwa deteksi sejak dini kondisi hipertensi, diabetes, dan penurunan fungsi kognitif dapat dilakukan untuk mencegah penyakit pada masa lansia di masa mendatang. “Penting sekali upaya untuk deteksi dini agar kita menua dengan berkualitas,” ujar Rensa lagi. Menua dengan berkualitas berarti memiliki fungsi kognitif yang baik, tidak mengalami disabilitas, dan masih terlibat dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai target menua secara berkualitas, Rensa menganjurkan untuk melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan yakni dengan cara menerapkan gaya hidup sehat seperti gerakan CERDIK yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI.

“Untuk mencapai target menua yang berkualitas, anjuran CERDIK dari Kemenkes dapat dilakukan sejak dini yakni cek kesehatan rutin, enyahkan asap rokok, rutin aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup, dan kendalikan stres,” kata Rensa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro