sumber: Reuters
Entertainment

Sambut Iduladha, Artis Mesir Lukis mural di Rumah-rumah

Reni Lestari
Kamis, 8 Agustus 2019 - 17:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eid Al Salwaawi (69) melukis mural tentang ritual haji di dinding rumahnya di kawasan Sayeda Zainab, Kairo jelang perayaan Iduladha 2019.

Terkadang dia secara sukarela melukis adegan-adegan yang merayakan haji dan kisah-kisah serta pelajaran-pelajaran agama, di lain waktu dia juga dibayar untuk pekerjaan tersebut.

Setiap tahun, umat Islam melakukan perjalanan dari seluruh dunia ke kota Mekah di Arab Saudi untuk menyelesaikan haji, salah satu dari lima rukun iman mereka.

Salwaawi mengatakan dia banyak terinspirasi dari adegan haji yang dia lihat di dinding rumah di desanya ketika seorang anak di Aswan utara.

"Jadi saya menggambar karavan dan tentara unta mengenakan topi tradisional yang menjaga mereka," katanya, seperti dilansir Reuters, Kamis (8/8/2019).

Dia menggunakan alat-alat sederhana seperti sikat daun palem buatan tangan dan campuran cat, cuka, air mawar, getah Arab dan lem.

Satu mural menggambarkan wanita saat mereka naik haji, mengenakan warna-warna cerah, yang lain menunjukkan karavan membawa permadani yang menutupi Ka'bah, situs paling suci dalam Islam. Dia menghiasi karya-karyanya dengan doa dan ayat-ayat Alquran. Setiap mural dilukisnya antara dua dan tiga jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro