Logo Instagram/Istimewa
Fashion

Tips Agar Remaja Aman Main Media Sosial

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Oktober 2019 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Media sosial telah menjadi bagian yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia, dari kalangan remaja, dewasa muda, hingga orang tua. Namun, para orang tua seringkali merasa kesulitan mencari tahu apa saja yang dilakukan anak remajanya di media sosial. 
 
Itulah sebabnya, Instagram meluncurkan Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam Bahasa Indonesia. Panduan ini didesain khusus sebagai sumber informasi untuk memberdayakan para orang tua di Indonesia dengan informasi seputar penggunaan Instagram di kalangan remaja.
 
Beirkut hal-hal yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan keamanan anak remaja mereka saat menggunakan media sosial termasuk instagram:
 
1.    Pahami alasan anak remaja Anda menggunakan media sosial

Langkah pertama yang dapat diambil oleh para orang tua adalah memahami alasan mengapa anak remaja mereka menggunakan Instagram. Para remaja umumnya menggunakan Instagram untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting, berbagi momen sehari-hari, terhubung dengan teman dan keluarga, membangun komunitas dan bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran dan minat yang sama. 
 
2.    Dorong anak remaja Anda menjadi dirinya sendiri 

Sejak awal menggunakan media sosial, Anda bisa mengajak anak remaja Anda untuk menentukan apakah akan membuat akun mereka bersifat publik atau privat. Jika mereka tahu bahwa mereka memiliki kendali atas privasinya di Instagram, mereka bisa tampil menjadi diri mereka sendiri. Instagram memiliki fitur Privasi Akun untuk menentukan siapa yang boleh dan tidak boleh melihat postingan dan berinteraksi dengan akun mereka. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun-akun yang tidak pantas atau saat mereka tak ingin lagi berinteraksi dengan akun tertentu.
 
3.    Kendalikan interaksi anak remaja Anda di Instagram 

Anak remaja Anda memiliki kendali atas siapa saja yang bisa mengomentari postingan mereka dengan menggunakan fitur Kontrol Komentar di Instagram. Mereka juga bisa menggunakan fitur Blokir untuk memblokir akun tertentu agar komentar dari akun tersebut tidak akan muncul lagi. Selain kedua fitur tersebut, anak remaja Anda juga bisa mengaktifkan fitur Filter Komentar untuk menyaring komentar yang sifatnya ofensif. 
 
4.    Ajak anak Anda menggunakan waktunya dengan bijak

Mengakses media sosial terkadang bisa membuat kita jadi lupa waktu. Anda bisa memantau berapa lama waktu yang telah dihabiskan oleh anak remaja Anda di Instagram melalui Dasbor ‘Aktivitas Anda’ yang ada di bagian Pengaturan Instagram.

Untuk memaksimalkan penggunaan waktu mereka secara bijak, Anda bersama dengan anak remaja Anda bisa menetapkan batas waktu tertentu yang bisa digunakan untuk mengakses Instagram dalam sehari dengan mengaktifkan ‘Setel Pengingat Harian’. Selain itu, mereka juga bisa menonaktifkan notifikasi Instagram selama periode waktu tertentu melalui fitur ‘Jeda Notifikasi’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro