Stephen dan Maya Langitan dalam acara perilisan buku Naik Motor Seorang Diri, Jakarta-London 30.000 KM di Jakarta, Selasa (15/10)/Bisnis-Syaiful M
Relationship

Selesai Tur, Stephen Langitan Rilis Buku Perjalanannya Bermotor dari Jakarta ke London

Syaiful Millah
Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menyelesaikan tur bermotor rute Jakarta – London, Stephen Langitan akhirnya secara resmi merilis buku yang merangkum perjalanan panjangnya itu.

Stephen merupakan seorang narablog dan pengendara (bikers) yang sudah melakukan berbagai tur di banyak tempat di Indonesia. Terakhir, perjalanan turnya menempuh rute dari garis awal di Jakarta, Indonesia hingga ke garis finis di London, Inggris dengan jarak 30.000 kilometer.

Perjalanannya itu dilakukan mulai 25 Maret 2018 hingga 17 Agustus 2018 dengan misi mengenalkan Indonesia di berbagai tempat di negara-negara lain dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di London tepat pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Kini, lebih dari setahun setelah kepulangannya, Stephen akhirnya menyelesaikan buku perjalanan yang dilakukannya seorang diri itu. Buku tersebut berjudul Naik Motor Seorang Diri, Jakarta – London 30.000 KM.

“Sejak awal persiapan touring ini saya sudah berjanji nanti akan saya buatkan buku cerita sekaligus panduan bagi masyarakat yang tertarik juga dengan hal ini [melakukan tur]. Harapannya ini bisa menginspirasi banyak orang di seluruh Indonesia,” katanya di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Buku tulisan Stephen itu memiliki 430 halaman dengan 35 bab yang tersaji. Maya Langitan, istri Stephen yang juga merupakan editor buku ini menyampaikan bahwa secara umum buku tersebut memiliki dua bagian utama.

Pertama, dari bab 1 hingga bab 18 merupakan bagian yang menceritakan persiapan melakukan tur sepeda motor dengan detil, mulai dari proposal, pengajuan sponsor, menyusun rute, dan persiapan lainnya.

Kedua, dari bab 19 hingga bab 35 merupakan bagian cerita dari setiap negara yang dilintasi. Dalam perjalanan turnya ini, Stephen melintasi sekitar 22 negara di benua Asia dan Eropa.

“Buku ini dibuat sebagai bentuk kontribusi moral bagi masyarakat, bukan untuk kesenangan pribadi. Buku ini juga disiapkan untuk semua kalangan, baik itu para bikers ataupun non-bikers,” jelas Maya.

Dalam proyek tur yang dilakukannya, Stephen menggunakan motor Kawasaki VerysX 250 cc dan didukung oleh beberapa lembaga seperti Pertamina Lubricant, Kawasaki Motor Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Luar Negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro