Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

Waspadai Penyakit Degeneratif, Lakukan Dua Hal Ini

Reni Lestari
Jumat, 18 Oktober 2019 - 13:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes melitus, jantung koroner, dan stroke dapat menyerang siapa saja. Biasanya, penyakit degeneratif bermula dari kebiasaan gaya hidup tidak sehat yang kemudian menyebabkan gangguan pada organ tertentu. Setidaknya ada dua hal yang bisa Anda lakukan dalam rangka mewaspadai terserang penyakit jenis ini.

Pertama, gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan kurang istirahat, minum air kurang dari 2 liter sehari, mengonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, merokok, dan meneguk minuman beralkohol.

Pencetus lainnya adalah lingkungan kerja dan tempat tinggal yang tidak bersih yang berpotensi untuk membuat sistem pertahanan tubuh kita menurun sehingga mudah terserang penyakit. Jika Anda menjalani gaya hidup yang bersih dan sehat maka kondisi jasmani akan jauh lebih prima sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Contoh gaya hidup yang sehat adalah cukup tidur, rutin berolahraga minimal 30 menit sehari, mampu mengelola stres, dan perhatikan kecukupan gizi dan menjaga waktu makan.

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan kontrol kesehatan. Misalnya saja, jika sudah terdeteksi mengidap darah tinggi atau diabetes walaupun tidak bisa disembuhkan tetapi jika kita menjaga gaya hidup, rutin kontrol ke dokter, mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter maka kita tetap dapat menikmati hidup.

Kesehatan adalah modal awal dan investasi menuju hari esok yang lebih baik maka jangan menunggu sakit. Segera perbaiki gaya hidup dan jangan abaikan penyakit degeneratif karena dapat berpotensi untuk berkembang menjadi penyakit kritis.

Kedua, selain menjaga kesehatan, Anda juga perlu memiliki perlindungan asuransi kesehatan, karena sakit adalah risiko yang tidak terduga dan tidak bisa dihindari serta dapat menggerus keuangan keluarga karena biaya kesehatan itu mahal dan naik setiap tahun. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi keluarga dari serangan penyakit degeneratif dengan memiliki asuransi kesehatan.

Menjaga gaya hidup sehat dan memiliki asuransi merupakan proteksi penting kesehatan Anda. Keduanya saling berkaitan dan memberikan perlindungan, secara fisik dan keuangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro