Relationship

Tips Meminta Maaf yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 8 Desember 2019 - 09:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa dari kita menikmati meminta maaf - mengakui kepada diri kita sendiri dan orang lain bahwa kita telah melakukan kesalahan, dan bahwa tindakan kita menyebabkan kerusakan pada orang lain mungkin seseorang yang benar-benar kita pedulikan.

Tetapi belajar untuk meminta maaf dengan baik adalah ciri khas seorang pemimpin yang cerdas secara emosional.

Sangat penting untuk dapat mengenali ketika Anda telah melampaui batas, mengakui kesalahan, dan melakukan pekerjaan emosional dan interpersonal yang sulit yang diperlukan untuk memperbaiki hubungan yang rusak. Dengan mengingat hal ini, berikut adalah beberapa kiat untuk belajar meminta maaf dengan cara yang memperbaiki dan mempertahankan hubungan Anda yang paling dihargai.

1. Periksa ego Anda dan ambil perspektif orang lain.

Dorongan untuk melindungi diri kita adalah berfokus secara internal - pada kita, dan menemukan cara untuk melindungi diri kita sendiri dan ego kita dari kesalahan yang telah kita lakukan. Tetapi tip pertama adalah melakukan apa pun yang Anda bisa untuk melawan kecenderungan yang berfokus pada diri sendiri. Alih-alih, tetap fokus sebanyak mungkin pada alasan Anda melakukan kerja keras meminta maaf ini sejak awal: mungkin karena Anda peduli dengan orang lain dan hubungannya. Bekerja keras untuk memahami perspektif orang lain, dan dengan melakukannya, Anda mungkin akan lebih mudah untuk menyampaikan permintaan maaf yang tulus itu.

2. Berikan pernyataan Maaf yang jelas.

Ketika tiba saatnya untuk menyampaikan pesan, potong pengejaran dan beri tahu orang yang Anda minta maaf. Mengungkapkan penyesalan. Dan tulus dan tulus dalam nada Anda - idealnya dengan penyesalan otentik sejati. Juga, spesifik dan akuntabel; mengakui peran Anda dalam menyebabkan kerusakan. Jangan katakan tidak langsung dan tidak jelas, mengungkapkan penyesalan tentang "apa yang terjadi." Sebaliknya, katakan langsung kepada mereka bahwa Anda menyesal atas apa yang Anda lakukan.

3. Jelaskan pada diri Anda, tetapi jangan terlalu banyak, dan jangan membuat alasan.

Wajar jika Anda ingin menjelaskan diri sendiri ketika meminta maaf. Dan itu tidak apa-apa untuk dilakukan, selama Anda tidak memikirkan penjelasan atau menggunakannya sebagai alasan. Sebagai contoh, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengatakan sesuatu seperti: "Saya benar-benar menyesal telah mengatakan itu kepada Anda. Saya benar-benar marah, tetapi itu bukan alasan untuk mengatakan apa yang saya lakukan ..."

4. Tunjukkan bahwa Anda memahami dampak tindakan Anda.

Ambil perspektif orang lain. Cobalah membayangkan bagaimana rasanya menjadi penerima dari apa yang Anda lakukan. Dan jangan ragu untuk mengungkapkan ini kepada mereka - bahwa Anda mencoba untuk mengambil perspektif mereka sebanyak yang Anda bisa. Sebagai contoh: "Aku benar-benar minta maaf telah mengatakan itu kepadamu. Aku benar-benar marah, tapi itu bukan alasan untuk mengatakan apa yang aku lakukan. Aku hanya bisa membayangkan betapa sakitnya kamu dengan apa yang aku katakan ..."

5. Minta maaf dan ungkapkan niat Anda untuk berubah.

Inti dari setiap permintaan maaf, sebenarnya, adalah untuk memperbaiki hubungan dan bergerak maju. Ini mungkin tidak terjadi segera, terutama jika Anda benar-benar telah menyakiti orang lain. Tetapi Anda idealnya meminta pengampunan dan mengekspresikan niat Anda untuk berubah. Misalnya: "Saya benar-benar minta maaf karena mengatakan itu kepada Anda. Saya benar-benar marah, tetapi itu bukan alasan untuk mengatakan apa yang saya lakukan. Saya hanya bisa membayangkan betapa sakitnya Anda dengan apa yang saya katakan. Saya berjanji kepada saya." Saya akan berusaha mengendalikan emosi saya dan tidak pernah mengatakan hal seperti itu lagi. "

Pada akhirnya, permintaan maaf itu sulit, tetapi dengan sikap dan nada yang tepat, Anda akan menemukan cara untuk memajukan hubungan dan tumbuh sebagai pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro