Ilustrasi/Webmd
Health

Tanda Orang Tua Terlalu Keras Mendidik Anak

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 8 Desember 2019 - 09:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda merasa perlu untuk menghukum anak-anak Anda setiap kali mereka melanggar aturan? Apakah Anda orang yang tidak tahan dengan gagasan membiarkan anak-anak Anda mengambil keputusan?

Apakah Anda memastikan bahwa anak-anak Anda tidak mempertanyakan aturan dan batasan yang Anda tentukan? Nah, tanda-tanda ini sudah cukup untuk mengatakan apakah Anda orang tua yang ketat atau tidak.

Kadang-kadang Anda dapat menganggapnya sebagai bagian dari pengasuhan anak yang sama sekali tidak salah dan setiap orangtua memiliki cara sendiri mengasuh anak-anak mereka.

Apa yang menurut Anda baik-baik saja mungkin tampak terlalu ketat untuk orang lain. Dengan demikian, Anda mungkin tidak menyadari fakta bahwa Anda bersikap keras terhadap anak-anak Anda.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk orang tua yang keras, dalam mendidik anak, berikut tanda-tandanya seperti dilansir dari Boldsky.com :

1. Anda Tidak Pernah Mengizinkan Anak-Anak Anda Hangout Dengan Teman Mereka

Anda hampir tidak mengizinkan anak-anak Anda pergi dengan teman-teman mereka dan menghabiskan hari mereka. Anda mungkin berpikir bahwa menghabiskan waktu bersama teman dan bergaul adalah buang-buang waktu. Anda tidak pernah mendorong mereka untuk pergi bersama teman-teman mereka. Bahkan, Anda mengharapkan mereka untuk tinggal di rumah dan belajar lagi membantu dalam pekerjaan rumah tangga.

2. Anda Telah Membuat Daftar Aturan yang Panjang

Gaya pengasuhan Anda memiliki daftar aturan yang panjang dan Anda lebih suka mempertahankannya sepanjang waktu. Anda telah menetapkan aturan yang memantau setiap dan setiap tindakan anak-anak Anda. Seperti ketika mereka harus bangun di pagi hari, untuk berapa lama mereka harus belajar, makan setiap makanan yang dimasak di rumah. Pahami bahwa ini akan mencekik mereka dengan mudah dan akan ada terlalu banyak jarak antara Anda dan anak-anak Anda.

3. Anda Memiliki Sedikit Toleransi Untuk Kesalahan

Anda ingin anak-anak Anda mengikuti aturan yang Anda tetapkan dan jika tidak, mereka akan gagal. Karena itu, Anda menjadi sangat marah ketika anak-anak Anda melanggar peraturan atau tidak memenuhi harapan Anda. Daripada bertanya kepada anak-anak Anda alasan di balik tidak mematuhi aturan, Anda cenderung berteriak dan mengekspresikan agresivitas Anda. Anda benci ketika anak-anak Anda bertingkah konyol atau mencoba bersenang-senang.

Untuk alasan itu, Anda ingin anak-anak Anda menjadi sempurna dan melakukan segala sesuatunya dengan sempurna, tetapi gagal membuat Anda marah.

4. Anak-Anak Anda Selalu Yang Pertama Meninggalkan Pesta

Anda tidak suka gagasan membiarkan anak-anak Anda pergi ke pesta atau bersenang-senang dengan teman-teman mereka. Tetapi jika entah bagaimana Anda setuju dan mengizinkan mereka pergi ke pesta, Anda memastikan bahwa anak-anak Anda pulang sebelum jam 9 malam. Dengan cara ini anak-anak Anda selalu menjadi yang pertama meninggalkan pesta dan pergi ke rumah mereka. Bahkan jika mereka meminta Anda untuk memperpanjang waktu, Anda tidak menyetujui keinginan mereka.

Semua Neraka Reda Ketika Orang Tua India Menemukan Tentang Berkencan, 6 Tips Untuk Memandu Anak-Anak Anda

5. Anak-anak Anda Sering Membohongi Anda

Karena ketegasan dan intoleransi Anda, anak-anak Anda sering takut untuk mengatakan yang sebenarnya kepada Anda. Karena alasan itu, mereka takut akan konsekuensi dan hukuman setelah Anda tahu yang sebenarnya. Disiplin yang keras dapat menghentikan anak-anak Anda untuk tidak jujur kepada Anda. Mereka akan sering menyembunyikan kartu laporan mereka dan akan berbohong tentang skor yang mereka hasilkan. Mereka melakukannya untuk menghindari segala macam hukuman dari Anda.

6. Anda Adalah Orang yang Membuat Pilihan Untuk Anak-Anak Anda

Orang tua diketahui membuat pilihan dan keputusan untuk anak-anak mereka sejak saat anak-anak dilahirkan. Tetapi membuat pilihan untuk anak-anak Anda yang sudah dewasa tidak kurang dari menjadi sangat ketat. Seperti jika anak-anak Anda berusia 10+ tahun dan Andalah yang memutuskan apa yang harus mereka kenakan dan membatasi mereka untuk menyentuh lemari mereka, menunjukkan betapa ketatnya Anda.

7. Anda Sering Menghukum Anak Anda dengan Buruk

Terkadang tidak apa-apa menghukum anak-anak Anda atas kesalahan yang mereka lakukan. Tetapi menghukum mereka dengan kejam setiap kali bukanlah hal yang baik. Salah satu tanda paling umum untuk menjadi orangtua yang sangat ketat adalah Anda tidak pernah mundur dari menghukum anak-anak Anda dengan cara yang keras. Seperti Anda akan memukul mereka tidak masuk akal atau mengunci mereka di ruangan gelap selama berjam-jam.

Jika Anda melakukan ini, Anda perlu memahami hukuman yang keras dapat membuat anak-anak Anda memberontak dan bermusuhan.

8. Anak-Anak Anda Sering Takut Terhadap Anda

Karena Anda memiliki kebijakan tanpa toleransi, aturan ketat dan cara keras menghukum anak-anak Anda, ini dapat menanamkan rasa takut pada anak-anak Anda. Mereka mungkin takut bahkan tidak mengatakan apa yang ada dalam pikiran mereka. Mereka mungkin menyembunyikan masalah mereka dan lebih suka meminta izin Anda hanya ketika Anda dalam suasana hati yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro