Poster film Avangers : Endgame/Istimewa
Entertainment

Ini Delapan Film Box Office Ter-Hits 2019

Syaiful Millah
Selasa, 24 Desember 2019 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Industri perfilman global tahun ini telah memberikan sejumlah kejutan yang menarik bagi para pencinta film di seluruh dunia.

Sejumlah tren perfilman terjadi sepanjang tahun 2019 ini. Hasil yang kurang memuaskan dari beberapa film blockbuster dan film sekuel dari waralaba tertentu mewarnai sisi negatif industri dalam perjalanan tahun ini.

Akan tetepi, tak sedikit pula titik terang yang berhasil digapai sejumlah film rilisan 2019. Berikut ini adalah 8 film box office ter-hits pilihan Variety. Penilaiannya didasarkan pada berbagai hal, termasuk margin keuntungan film, dampak budaya, dan percakapan yang melingkupi film terkait.

Avengers: Endgame

Film ini merupakan karya sinematik pamungkas dari perjalanan Marvel Cinematic Universe selama lebih dari 1 dekade terakhir. Keberhasilannya menjadi film paling laris di dunia sepanjang masa menjadi prestasi terbesar bagi film dan keseluruhan industri saat ini.

Sejumlah aktor dan aktris besar seperti Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Scarlett Johnsson berkumpul dalam satu mega proyek film pahlawan super. Film ini juga mendapatkan sambutan yang positif dari kritikus film dan menjadi perbincangan santer setelah perilisannya.

Film dilaporkan menghabiskan anggaran produksi sebesar US$356 juta dan menghasilkan pendapatan secara keseluruhan mencapai US$2,79 miliar.

The Lion King

Film remake live action dari animasi klasik legendaris dengan judul yang sama. The Lion King menjadi suguhan bagi penonton semua kalangan, bahkan bagi para orang tua dengan perasaan nostalgia.

Penggunaan teknologi pencitraan hasil komputer (computer-generated imagery/CGI) yang memukau telah menghipnotis jutaan penonton di seluruh dunia. Film ini memberikan pengalaman menonton yang baru sekaligus nostalgia secara bersamaan.

Film dilaporkan menghabiskan biaya produksi sekitar US$260 juta dan berhasil mengumpulkan pendapatan penjualan tiket di seluruh dunia sebesar US$1,6 miliar.

Joker

Film dari buku komik yang paling mengejutkan sepanjang tahun ini bisa dipastikan adalah milik Joker. Duet epik sutradara Tod Phillips dan aktor utama Joaquin Phoenix telah memecahkan seluruh ekspektasi penonton akan penggambaran karakter pahlawan super dalam layar lebar.

Ditambah kontroversi yang ditimbulkan dari pemutaran film, membuat karya sinematik ini menjadi salah satu film paling diperbincangkan di dunia tahun ini.

Film dilaporkan hanya memakan biaya produksi sebesar US$55 juta, akan tetapi pencapaian penjualan tiketnya sangat fantastis yakni mencapai US$1,06 miliar di seluruh dunia.

Us

Film thriller yang cukup menyita perhatian publik tahun ini adalah Us arahan sutradara Jordan Peele, yang memang karya-karyanya dinantikan setelah sukses besar melalui film Get Out (2017).

Us memberikan pengalaman seperti mimpi buruk yang membekas tentang sebuah keluarga yang dipaksa menghadapi dopplegangers mereka sendiri. Film ini juga cukup populer dari percakapan yang terjadi di dunia maya.

Terlebih, film dilaporkan hanya memakan biaya produksi yang minim sekitar US$20 juta dan menghasilkan pendapatan keseluruhan sebesar US$255 juta.

Once Upon a Time in Hollywood

Disutradarai oleh nama besar Quentin Tarantino, film ini langsung menyita perhatian publik sejak pertama kali dirilis. Komentar positif yang didapatkan mendorong film drama komedi ini mendapat sejumlah penghargaan internasional.

Selain itu, ansembel pemain yang bertabur bintang menjadi daya pikat tersendiri dari film ini. mulai dari Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, Emile Hirsch, Margaret Quelley, Bruce Dern, Timothy Olyphant, hingga Al Pacino terlibat dalam proyek ini.

Film dilaporkan menghabiskan biaya produksi sekitar US$90 juta dan mendapatkan sambutan dari penjualan tiket global sebesar US$372 juta.

John Wick 3

Film aksi dari waralaba populer John Wick yang dirilis tahun ini berhasil memecahkan rekor film-film sebelumnya. Hal yang cukup jarang terjadi di dalam industri perfilman, ketika film ketiganya memiliki penerimaan yang jauh lebih positif.

Tak hanya itu, film juga berhasil mengangkat kembali nama aktor Keanu Reeves sebagai aktor laga kenamaan yang naik daun pada tahun ini. Tak bisa dipungkiri, John Wick 3 menjadi salah satu film aksi terbaik 2019.

Film dilaporkan memakan biaya pembuatan sekitar US$75 juta dan berhasil mengumpulkan pendapatan dari penjualan tiket global sebesar US$326 juta.

Rocketman

Film drama musikal biografi yang didasarkan pada kehidupan musisi Elton John ini dinilai berhasil memecah kepenatan industri dengan film-film waralaba. Di tengah gempuran sejumlah film waralaba, film ini mampu bertahan dan mendapat sambutan hangat.

Film dilaporkan menghabiskan anggaran produksi sebesar US$40 juta dan berhasil mengumpulkan pendapatan box office total sebesar US$195 juta.

Hustlers

Film yang bisa dibilang menjadi salah ikon film wanita tahun ini adalah Hustlers. Jennifer Lopez terlibat sebagai produser sekaligus pemain, Lorene Scafaria sebagai sutradara, sementara pemainnya melibatkan Cardi B, Lili Reinhart, Constance Wu, dan masih banyak lagi.

Film drama kriminal yang terinspirasi dari sebuah artikel New York Magazine tentang penari klub dengan pelanggan orang-orang kaya ini berhasil menjadi pusat pembicaraan dan tontonan banyak orang di dunia.

Film dilaporkan menelan biaya produk sekitar US$20 juta dan menghasilkan pendapatan dari penjualan tiket keseluruhan mencapai US$156 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro