Ip Man 4: The Finale (2019) / Mandarin Motion Pictures
Entertainment

Dinilai Pro-China, Film Ip Man 4 Diboikot oleh Pemrotes Hong Kong

Syaiful Millah
Rabu, 25 Desember 2019 - 10:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Film Ip Man 4: The Finale boleh jadi telah memecahkan sejumlah rekor film laris atau box office di pasar China dan Taiwan, tetapi film tersebut harus mendapatkan ganjalan di pasar Hong Kong.

Seperti dilansir dari The Hollywood Reporter, Rabu (25/12/2019) para pemrotes Hong Kong telah memboikot film waralaba keempat Ip Man itu untuk menentang sikap pro-China dari produser dan beberapa bintang filmnya.

Boikot itu diorganisir oleh para pengguna forum LIHKG—platform seperti Reddit di Hong Kong—dengan menyebarkan informasi secara masif termasuk di Twitter, Facebook, dan Instagram dengan tagar #boycottIpMan4.

Mereka yang memboikot film itu, mengutip kecenderungan politik produser film dan sejumlah aktor terkait tensi yang memanas antara Hong Kong dan Cina dalam beberapa waktu terakhir.

Menurut mereka, Raymond Wong yang merupakan produser film ini telah menunjukkan sikap yang pro-China dalam beberapa tahun terakhir.

Dia dikenal setelah mengorganisir dana untuk organisasi Occupy Central pada 2014 dan secara vokal mengkritik Hong Kong Film Awards pada 2015.

Sementara itu, aktor Donnie Yen yang bermain peran di Ip Man 4 sempat bernyanyi bersama dengan pemimpin China Xi Jinping di sebuah acara besar pada 2017 dan aktor lainnya Danny Chan secara terang-terangan mendukung kepolisian Hong Kong dalam unjuk rasa yang terjadi di negera tersebut.

Pemboikatan ini merupakan bagian dari inisiatif akar rumput yang telah dilakukan oleh warga Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir. Mereka melakukan upaya pendukungan terhadap merek lokal dan mencegah pengeluaran pada perusahaan ‘biru’ atau pro-China.

Sebagai salah satu film yang diproduksi bersama dengan perusahaan China, film Ip Man 4 dipandang sebagai salah satu produk ‘biru’ dan melambangkan kolaborasi China-Hong Kong yang condong ke Negeri Panda tersebut.

Ip Man 4: The Finale merupakan film seni bela diri biografi Hong Kong yang berdasarkan cerita kehidupan grandmaster Wing Chun. Film ini disutradarai oleh Wilson Yip dan diperankan oleh Donnie Yen, Scott Adkins, danny Chan, dan Vaness Wu.

Waralaba film ini dimulai lebih dari 1 dekade yang lalu dan sejauh ini telah memiliki empat judul film, termasuk Ip Man 4: The Finale. Ketiga film sebelumnya adalah Ip Man (2008), Ip Man 2 (2010), dan Ip Man 3 (2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro