Ilustrasi-Mesin pengering tangan/shopee
Health

Mesin Pengering Tangan Bisa Basmi Virus Corona, Mitos atau Fakta?

Desyinta Nuraini
Jumat, 13 Maret 2020 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi virus Corona meningkat setelah pemerintah mengumumkan pasien yang positif mengidap virus ini.

Sejumlah kabar mengenai metode untuk membasmi virus yang "berasal" dari Kota Wuhan itu seketika muncul. Salah satunya kabar bahwa virus Corona akan mati jika seseorang menggunakan mesin pengering tangan. 

Tidak sedikit orang yang percaya akan hal ini sehingga mereka lebih memilih untuk mengeringkan tangan dengan mesin pengering daripada dengan tisu. Benarkah mesin pengering tangan ampuh membunuh Corona?

Mengutip keterangan dari situs Alodokter, faktanya mesin pengering tangan tidak bisa membunuh virus Corona. Mesin ini hanya menarik udara sekitar dan menyemburkannya kembali dengan kecepatan tinggi. 

Memang, sebagian mesin dapat menghangatkan udara yang telah ditarik sebelum disemburkan. Namun, ini tidak serta-merta bisa membunuh kuman atau virus di tangan Anda.

Langkah yang paling tepat untuk mencegah virus ini yaitu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia keduanya, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen bisa digunakan sebagai alternatif.

Mengeringkan tangan setelah cuci tangan memang dapat menurunkan risiko terjadinya penularan virus Corona. Namun, anggapan bahwa mesin pengering tangan dapat membunuh virus Corona hanyalah hoaks.

Jadi, penting untuk selalu merujuk pada sumber informasi terpercaya jika Anda mendapat info apa pun terkait Corona. Termasuk kabar soal cara membunuh Corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro