Seorang remaja yang sedang dilanda cemas./Ilustrasi
Health

6 Cara Melindungi Kesehatan Mental Remaja dari Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 1 April 2020 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi remaja itu sulit dan virus corona (COVID-19) membuatnya semakin sulit. Dengan penutupan sekolah dan acara yang dibatalkan, banyak remaja kehilangan beberapa momen terbesar dalam kehidupan muda mereka serta momen sehari-hari seperti mengobrol dengan teman dan berpartisipasi di kelas.

Untuk remaja yang menghadapi perubahan hidup karena wabah yang merasa cemas, terisolasi dan kecewa, ketahuilah ini: Anda tidak sendirian. Psikolog remaja ahli, penulis terlaris dan kolumnis bulanan New York Times Dr. Lisa Damour menjelaskan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mempraktikkan perawatan diri dan menjaga kesehatan mental Anda.

1. Ketahuilah bahwa kecemasan Anda sepenuhnya normal

Jika penutupan sekolah dan berita yang mengkhawatirkan membuat Anda merasa cemas, Anda bukan satu-satunya. Bahkan, itulah yang seharusnya Anda rasakan. “Para psikolog telah lama menyadari bahwa kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang mengingatkan kita akan ancaman dan membantu kita mengambil tindakan untuk melindungi diri kita sendiri,” kata Dr. Damour dikutip dari www.who.org, Rabu (01/4/2020).

DIa mengatakan kecemasan Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang harus Anda buat sekarang seperti tidak menghabiskan waktu bersama orang lain atau dalam kelompok besar, mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah Anda," Perasaan itu membantu menjaga Anda tidak hanya aman, tetapi orang lain juga. Ini adalah juga bagaimana kita merawat anggota komunitas kita. Kita juga memikirkan orang-orang di sekitar kita. ”

Sementara kecemasan tentang COVID-19 benar-benar dapat dipahami, pastikan Anda menggunakan "sumber yang dapat diandalkan [seperti situs UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia] untuk mendapatkan informasi.

2. Cari kesibukan

“Yang diketahui oleh para psikolog adalah bahwa ketika kita berada dalam kondisi yang sangat sulit, sangat membantu untuk membagi masalah menjadi dua kategori: hal-hal yang dapat saya lakukan sesuatu, dan kemudian hal-hal yang tidak dapat saya lakukan,” kata Dr. Damour.

Ada banyak hal yang termasuk dalam kategori kedua sekarang, dan tidak apa-apa, tetapi satu hal yang membantu kita untuk mengatasinya adalah menciptakan kesibukan bagi diri kita sendiri. Damour menyarankan untuk melakukan pekerjaan rumah, menonton film favorit, atau tidur di tempat tidur dengan novel sebagai cara untuk mencari pertolongan dan menemukan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Temukan cara baru untuk terhubung dengan teman-teman Anda

Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama teman saat Anda melakukan menjaga jarak sosial, media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung. Lakukan cara yang kreatif: Bergabunglah dalam tantangan Tik-Tok seperti #safehands.

"Saya tidak akan pernah meremehkan kreativitas remaja. Firasat saya adalah bahwa mereka akan menemukan cara untuk [terhubung] satu sama lain secara online yang berbeda dari cara mereka melakukannya sebelumnya," kata Dr. Damour

Tetapi bukan ide yang baik untuk memiliki akses tanpa batas ke layar dan atau media sosial. Karena hal itu tidak sehat, itu tidak pintar, itu dapat memperkuat kecemasan Anda.

4. Fokus pada Anda

Pernahkah Anda ingin belajar bagaimana melakukan sesuatu yang baru, memulai membaca buku baru atau menghabiskan waktu berlatih alat musik? Sekarang saatnya untuk melakukan itu. Berfokus pada diri sendiri dan menemukan cara untuk menggunakan waktu Anda yang baru ditemukan adalah cara yang produktif untuk menjaga kesehatan mental Anda. "Saya telah membuat daftar semua buku yang ingin saya baca dan hal-hal yang ingin saya lakukan," kata Dr. Damour.

5. Rasakan perasaan Anda

Kehilangan acara dengan teman, hobi, atau pertandingan olahraga sangat mengecewakan. Ini adalah kerugian skala besar. Mereka benar-benar menjengkelkan dan benar bagi remaja. Cara terbaik untuk mengatasi kekecewaan ini? Biarkan diri Anda merasakannya. “Ketika sampai pada memiliki perasaan yang menyakitkan, satu-satunya jalan keluar adalah melalui. Maju dan bersedih, dan jika Anda bisa membiarkan diri sendiri sedih, Anda akan mulai merasa lebih cepat lebih baik," ujar Dr. Damour

Memproses perasaan Anda terlihat berbeda untuk semua orang. "Beberapa anak akan membuat karya seni, beberapa anak akan ingin berbicara dengan teman-teman mereka dan menggunakan kesedihan bersama mereka sebagai cara untuk merasa terhubung pada saat mereka tidak bisa bersama secara pribadi," katanya. Yang penting adalah Anda melakukan apa yang terasa benar bagi Anda.

6. Berbaik hatilah kepada diri sendiri dan orang lain

Beberapa remaja menghadapi intimidasi dan pelecehan di sekolah karena virus corona. Jika Anda menyaksikan seorang teman diintimidasi, hubungi mereka dan cobalah untuk menawarkan dukungan. Tidak melakukan apa pun dapat membuat orang itu merasa bahwa semua orang menentang mereka atau tidak ada yang peduli. Kata-kata Anda dapat membuat perbedaan.

Dan ingat: sekarang lebih dari sebelumnya kita perlu memikirkan apa yang kita bagikan atau katakan agar tidak menyakiti orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro