Koleksi baju dokter Anggia
Fashion

Desainer Sekaligus Dokter Gigi Anggia Desain Baju Bedah dan Dokter

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 9 Mei 2020 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertambahan jumlah Kasus Positif Covid-19 di Indonesia yang semula 2 orang bertambah sangat cepat hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Hal itu menggugah Anggiasari Mawardi, dokter gigi sekaligus fashion desainer membuat baju bedah dna baju dokter hasil kreasinya.

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (Saluran Akar Gigi) lulusan Universitas Padjadjaran Angkatan ‘99, itu juga melihat terjadinya kelangkaan Masker semakin merajalela.

"Padahal saya sangat membutuhkan Masker untuk Praktek saya sehari-hari sebagai dokter gigi. Oleh karenanya saya berinisiatif membuat masker kain yang memang saya pakai untuk praktek. Sampai akhirnya saya pun juga membuat Medical Suits (Alat Pelengkap Diri) yang terdiri dari Coverall, Surgical Suits dan Seragam Baju Ruangan Dokter dan Perawat," ujarnya dikutip dari siaran persnya.

Dia menjelaskan kesemuanya itu akan digunakan pribadi, ketika saya mendapat Konsul Pasien Emergency.  Namun ternyata apa yang dia lakukan ini mendapat respon luar biasa dari teman seprofesi di Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Baik untuk Medical Suits dan ataupun Masker setiap harinya.

Berikut Medical Suits (APD) yang Anggia buat :

Coverall Suits

Desainer Sekaligus Dokter Gigi Anggia Desain Baju Bedah dan Dokter

Coverall berfungsi sebagai pakaian dan alat proteksi untuk melindungi diri dari kotoran, bakteri, virus. Coverall bersiluet H dan I berupa Jumpsuit berkapucon, karet elastic pada bagian tangan, kaki dan pinggang belakang. Detail Coverall mempunyai bukaan depan berupa restleting panjang dengan penutup.

Coverall harus dibuat sangat longgar karena akan digunakan berlapis bersama baju bedah, baju ruangan dan aphron. Material yang digunakan terbagi menjadi 2. Untuk yang sekali pakai atau disposable berbahan dasar Non Woven Polypropylene. Sedangkan yang reusable berbahan dasar Woven Polyester.

Non Woven adalah bahan seperti kain yang terbuat dari serat Panjang  atau Pendek, terikat bersama oleh kimia, mekanik, panas atau pelarut, tidak ditenun atau dirajut, tidak mengubah serat menjadi benang. Kain non woven dapat didaur ulang setelah digunakan. Untuk alas an ini, kain non woven lebih ekologis untuk produk sekali pakai. Kain woven memberikan fungsi spesifik seperti ketahanan cairan, ketahanan regangan, kekuatan, bantalan, daya tahan, retardasi api, penyaringan dan penghalang bakteri. Maka menjadi pilihan pada proyek perlindungan erosi berskala besar.

Selain itu Coverall Suits juga disarankan menggunakan bahan yang memiliki gramasi diatas 75 gsm, dan memiliki sifat atau dilaminasi antibakteri, antirepellent, water-proof. Water repellent memiliki sifat diatas water resistan, artinya memiliki sifat tahan air sampai ke tingkatan hidrofobik, yang merupakan lapisan nano teknologi. Water-proof merupakan tingkat ketahanan terhadap air yang diukur dengan satuan Ingress Protection (IP).

IP memiliki dua digit. Digit Pertama yang menjelaskan ketahanan terhadap benda solid, misalnya debu. Digit kedua mengindikasikan ketahanan terhadap produk benda cair sampai kedalaman 1 meter, misalnya air.
Standar WHO : Resisten terhadap penetrasi cairan, setara atau lebih ISO  16603 class 3 exposure pressure. Atau resisten terhadap penetrasi patogen bloodborne, setara atau lebih ISO 16604 class 2 exposure pressure.

Surgery Gown/ Surgical Scrub (Baju Bedah)/ dan Apron

Desainer Sekaligus Dokter Gigi Anggia Desain Baju Bedah dan Dokter

Baju Bedah berfungsi untuk fungsi proteksi untuk di ruangan bedah atau pada kasus emergensi dan kedaruratan. Baju Bedah mempunyai siluet H dan I, cenderung Over Size dan memiliki elastic atau rib di bagian pergelangan tangan untuk melindungi dari terpaparnya anggota tubuh petugas Kesehatan terhadap percikan darah dan menghindari mudah terlepasnya dari badan.

Gaun Bedah memiliki panjang dari leher hingga menutupi bagian atas dari sepatu boot. Material yang digunakan berbahan dasar Non Woven Propylene untuk yang sekali pakai (disposable) dan berbahan Cotton tebal (reusable). Apron biasanya seperti rompi Panjang yang digunakan dilapis depan baju bedah atau diluar coverall suits.

Standar WHO : Resisten terhadap penetrasi cairan EN 13795 high performance level atau AAMI level 3 performance atau Resisten terhadap penetrasi patogen bloodborne.
 
Doctor & Nursery Uniform (Baju Ruangan)

Desainer Sekaligus Dokter Gigi Anggia Desain Baju Bedah dan Dokter

Baju ruangan merupakan baju setelan yang merupakan baju dasar paling dalam dari baju pelindung diri. Memiliki Siluet H dan I, berlengan pendek pada umumnya dan celana panjang dengan pinggang bertali serut. Baju ini bermaterial yang tidak mudah sobek dan tebal, misalnya Cotton tebal. Teknik Minimal Sewing, tidak steril dan dapat dipakai berulang (reusable).

Masker Kain Non Beda

Desainer Sekaligus Dokter Gigi Anggia Desain Baju Bedah dan Dokter

Masker digunakan untuk melindungi membran mukosa hidung dan mulut terhadap droplet atau aerosol. Masker yang kami produksi berbahan dasar Cotton 100%, ada yang dilapisi oleh Water-Proof Material dan AntiRepellent. Sehingga masker yang dibuat ada yang One layer, Two Layers dan Three Layers. Masker dibuat sesuai kebutuhan ada yang dengan ear-loops dan ada yang untuk para pemakai hijab. Masker dibuat dalam 4 warna, yaitu hitam, biru navy, toska muda dan putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro