Ikan Bobara Laut/Lukas Hendra
Kuliner

Menyantap Gurihnya Bobara Laut Ditemani Sunset

Lukas Hendra TM
Rabu, 3 Juni 2020 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, MANADO – Bagi Anda warga di luar Sulawesi Utara, tentu sudah tidak asing dengan menu santap malam khas Manado seperti rahang tuna, bobara (kuwe) maupun goropa (kerapu).

Namun, pernahkah Anda mencoba menu bobara laut? Menu ikan bakar yang satu ini cukup unik. Warga lokal sering menyebutnya dengan bobara hitam atau bobara lao. Namun, jika Anda amati seksama, ikan ini tidak tampak seperti bobara lao atau dalam Bahasa latin citula armatus.

Apalagi dengan saudaranya yang biasa disebut bobara putih (kuwe) atau dalam bahasa latin caranx sexfasciatus. Alhasil, perbedaan ini membentuk perbedaan rasa dan tekstur saat menikmati kedua ikan bobara itu.

Jika diamati, ikan pada menu bobara lao justru lebih mirip dengan unicorn fish meski tanpa tanduk. Tampak seperti orangespin unicornfish (naso lituratus) meski tanpa warna oranyenya.

Menyantap Gurihnya Bobara Laut Ditemani Sunset

Kemiripannya tampak pada bentuk ekor dan duri tajam (spin) di samping tulang ekornya. Kemiripan lainnya adalah saat Anda menyantapnya. Ikan bakar bobara lao memiliki tekstur jauh lebih kenyal dan berlemak.

Tak seperti bobara putih yang teksturnya justru gampang hancur dan kurang berlemak. Tak ada salahnya, bila Anda berkunjung ke Manado untuk memesan menu ini.

Memang, bagi sebagian kalangan ikan bakar bobara lao kurang begitu popular, karena Namanya kurang terdengar seperti menu rahang tuna. Hanya saja, tak sedikit rumah makan ikan bakar di sepanjang jalan boulevard II Kota Manado menyajikan menu ini.

Jika tak suka pedas, pilihlah bakar biasa. Namun, saya merekomendasikan bakar rica, yakni dengan bumbu cabai di atas menu bobara laut tersebut. Salah satu keunggulannya adalah rasanya yang mantap dengan bertekstur kenyal dan berlemak.

Saat menu sudah siap, jangan lupa untuk memeras lemon cui (jeruk berukuran kecil yang biasa untuk menu ikan di Manado). Tenang, lemon cui tidak sekeras jeruk sambal di Jawa sana. Lemon cui cukup mudah diperas dengan hanya memencetnya.

Menu ikan bakar bobara laut biasa dijajakan sepaket dengan nasi, tumis kangkung dan berbagai sambal seperti rica bakar dan dabu-dabu iris. Harganya bervariasi mulai dari Rp60.000 hingga Rp90.000 bergantung pada ukuran dan berat.

Menyantap Gurihnya Bobara Laut Ditemani Sunset

Anda berminat mencobanya? Usai mencoba mungkin menu ikan bobara lao khas Manado, akan menjadi menu yang bakal Anda rindukan suatu hari nanti. Selain karena tekstur dan rasanya yang mantap, juga suasana restoran yang langsung menghadap matahari terbenam menambah kesan maknyus saat menyantapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro