Seorang siswi kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan internet di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kegiatan belajar dari rumah bagi pelajar di Jakarta hingga 19 April 2020, hal itu sesuai dengan perpanjangan status tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 bagi DKI hingga 19 April./ANTARA FOTO-Yulius Satria Wijaya
Health

Ini Rekomendasi Dokter Anak Dalam Proses Belajar di Pandemi Corona

Dewi Andriani
Kamis, 4 Juni 2020 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan agar siswa-siswa tidak melakukan aktivitas belajar mengajar di dalam kelas hingga Desember 2020.

Ini dilandasi atas jumlah kasus konfirmasi pasien virus corona (Covid-19) masih terus bertambah. Sementara di sisi lain, pemerintah tengah bersiap untuk menerapkan tatanan normal baru atau new normal dan melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan munculnya gelombang kedua kasus Covid-19, tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak. Untuk menghindari terjadinya gelombang kedua kasus Covid-19, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan agar anak-anak tidak masuk sekolah hingga Desember.

Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan agar kegiatan  belajar-mengajar  tetap dilaksanakan  melalui  pembelajaran  jarak jauh (PJJ), baik dalam jaringan maupun luar jaringan, menggunakan modul belajar dari rumah yang sudah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kita sementara ini sarannya sebaiknya pembelajaran jarak jauh dulu, jangan masuk sekolah dan berkumpul sampai Desember, kemudian kita evaluasi dan melihat beberapa syarat logis yang harus dipenuhi, pembukaan kembali sekolah dapat dipertimbangkan jika jumlah kasus Covid-19 telah menurun,” ujar Catharine M. Sambo, Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota, Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), Rabu  (3/6/2020)

Apabila sudah memenuhi syarat epidemiologi untuk kembali membuka sekolah, maka IDAI menghimbau agar semua pihak dapat bekerja sama dengan cabang-cabang IDAI sesuai dengan area yang sudah memenuhi syarat pembukaan.

Perencanaan meliputi kontrol epidemi, kesiapan sistem layanan kesehatan dan sistem surveilans kesehatan untuk mendeteksi kasus baru dan pelacakan epidemiologi.

“Untuk keperluan  ekstrapolasi data  secara  akurat  maka  IDAI  menyarankan  agar  pemerintah  dan  pihak swasta melakukan pemeriksaan rt-PCR secara masif (30 kali lipat dari jumlah kasus konfirmasi Covid-19) termasuk juga pada kelompok usia anak,” tuturnya.

IDAI akan terus melakukan pemantauan situasi langsung melalui cabang-cabang IDAI dan akan terus melakukan kajian dan memberikan rekomendasi sesuai perkembangan situasi terkini.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadikan rumah sebagai sekolah dan melibatkan peran aktif siswa, guru dan orang tua dalam proses belajar mengajar,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro