Ilustrasi bed sheet
Health

Tak Terduga, Benda Ini Juga Mudah Terkontaminasi Virus Corona

Desyinta Nuraini
Selasa, 7 Juli 2020 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus corona dapat ditularkan dengan mudah ketika seseorang terkena droplet dari mereka yang terinfeksi. Partikel virus tersebut menempel pada permukaan benda, tak terkecuali yang berada di rumah.

Memang cukup sulit mengetahui apakah permukaan benda tersebut sudah tercemari Covid-19. Apalagi jika tidak diketahui pasti apakah orang-orang yang berada di rumah sehat atau tidak.

Melansir Times of India, Selasa (7/7/2020), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annuals of Internal Medicine menyebut sebanyak 45 persen kasus virus corona mungkin tidak menunjukkan gejala.

Studi ini juga menyoroti bahwa mereka yang tidak menunjukkan gejala Covid-19 dapat tetap menular selama lebih dari 14 hari. Sederhananya, mereka yang asimptomatik atau tidak memiliki gejala apapun, dapat dengan mudah menginfeksi orang lain bahkan mencemari benda-benda rumah tangga, dengan meninggalkan droplet.

Selama ini benda-benda yang disebut tinggi tercemar Covid-19 yakni gagang pintu, keran, wastafel, dan permukaan meja. Namun ada beberapa benda yang sering terlupakan dan juga berpotensi dihingapi virus yang dibawa pasien Covid-19, termasuk mereka yang asimtomatik.

Penelitian yang dilakukan oleh American Society for Microbiology, ditemukan bahwa ada tiga benda yang paling terkontaminasi di kamar pasien Covid-19 di China.

Benda tersebut yakni termasuk seprai, bantal, dan bedrails atau pagar tempat tidur. Kenyataannya yang mengejutkan dari penelitian itu adalah, kamar-kamar itu dibersihkan dengan baik dan didesinfeksi dua kali sehari.

Oleh karena itu, temuan ini menggarisbawahi pentingnya mengganti seprai dan sarung bantal lebih sering dari biasanya selama masa pandemi ini, terutama jika ada tamu yang bermalam di rumah.

Selain menyimpan alas kaki di luar rumah, mengganti pakaian setelah dari luar rumah, pertimbangkan untuk mencuci sarung bantal setiap hari dan seprei setidaknya dua kali seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro