Sinar ultra violet
Health

Peneliti Ungkap Sinar Ultraviolet Mampu Bunuh Virus Corona

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Juli 2020 - 14:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sinar ultraviolet telah digunakan untuk menghentikan patogen selama beberapa dekade.

Tetapi apakah itu bekerja melawan SARS-CoV-2, virus di masa pandemi? Jawaban singkatnya adalah ya. Tetapi dibutuhkan jenis UV yang tepat dalam dosis yang tepat, operasi kompleks yang paling baik diberikan oleh para profesional terlatih.

Dengan kata lain, banyak perangkat sinar-UV di rumah yang mengklaim membunuh SARS-CoV-2 kemungkinan bukan jaminan. Radiasi UV dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis berdasarkan panjang gelombang: UVA, UVB dan UVC.

Hampir semua radiasi UV yang mencapai Bumi adalah UVA, karena sebagian besar sinar UVB dan semua sinar UVC diserap oleh lapisan ozon, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyaki. Dan UVC, yang memiliki panjang gelombang terpendek dan energi tertinggi, yang dapat bertindak sebagai desinfektan.

"UVC telah digunakan selama bertahun-tahun, ini bukan hal baru," Indermeet Kohli, seorang ahli fisika yang mempelajari fotomedis dalam bidang dermatologi di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit, seperti dilansir dari Live Science.

"UVC pada panjang gelombang tertentu, 254 nanometer, telah berhasil digunakan untuk menonaktifkan influenza H1N1 dan virus corona lainnya, seperti virus pernapasan akut (SARS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV), katanya.

Sebuah studi yang diterbitkan 26 Juni ke database preprint medRxiv dari rekan-rekan Kohli menunggu tinjauan rekan sekarang mengkonfirmasi bahwa UVC juga menghilangkan SARS-CoV-2.

UVC-254 berfungsi karena panjang gelombang ini menyebabkan lesi pada DNA dan RNA. Paparan UVC-254 yang cukup merusak DNA dan RNA sehingga mereka tidak dapat mereplikasi, secara efektif membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme atau virus.

"Data yang mendukung teknologi ini, kemudahan penggunaan, dan sifat non-kontak" dari UVC menjadikannya alat yang berharga di tengah pandemi, kata Kohli.

Tetapi penggunaan yang bertanggung jawab dan akurat sangat penting. Kemampuan merusak DNA UVC membuatnya sangat berbahaya bagi kulit dan mata manusia.

Dia memperingatkan bahwa teknologi desinfeksi UVC harus diserahkan ke fasilitas medis dan dievaluasi keamanan dan kemanjurannya oleh tim yang memiliki keahlian dalam bidang fotomedik dan fotobiologi.

Ketika berbicara tentang lampu UVC rumahan, kemampuan mereka untuk merusak kulit dan mata bukan satu-satunya bahaya, Dr. Jacob Scott, seorang dokter peneliti di Departemen Riset Hematologi dan Penelitian Onkologi di Klinik Cleveland, mengatakan.

Perangkat ini juga memiliki kontrol kualitas yang rendah, yang berarti tidak ada jaminan bahwa Anda benar-benar menghilangkan patogen, katanya.

"UVC memang membunuh virus, titik, tetapi masalahnya adalah Anda harus mendapatkan dosis yang cukup," kata Scott dikutip Live Science.

"Khususnya, untuk masker N95, yang keropos, dibutuhkan dosis UVC-254 nm yang cukup besar untuk menghilangkan SARS-CoV-2. Akurasi semacam ini tidak dimungkinkan dengan perangkat di rumah Di rumah sakit, geometri ruangan, bayangan, waktu dan jenis bahan atau benda yang didesinfeksi semuanya diperhitungkan ketika para ahli menentukan dosis UVC yang tepat yang diperlukan untuk membunuh patogen.

Tapi "jaminan kualitas semacam itu benar-benar sulit di dunia, di alam liar," kata Scott.

Baik Kohli dan Scott dan tim mereka bekerja untuk membuat desinfeksi UVC alat pelindung diri (APD), seperti masker wajah dan respirator N95, lebih efisien.

Kelompok Kohli menyarankan rumah sakit dan vendor menggunakan kembali peralatan UVC yang ada untuk dekontaminasi respirator N95.

Tim Scott mengembangkan mesin yang dapat digunakan oleh fasilitas medis yang lebih kecil dan program perangkat lunak yang membantu pengguna faktor dalam geometri ruang desinfeksi sehingga staf dapat memberikan dosis UVC paling efektif.

Ada rencana yang sedang berlangsung di lapangan tentang pemasangan unit UVC di langit-langit untuk mendekontaminasi udara yang bersirkulasi, kata Kohli.

Dan yang lain sedang meneliti panjang gelombang UVC lain yang disebut UVC-222 atau Far-UVC, yang mungkin tidak merusak sel manusia.

Tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak penelitian Namun, jelas bahwa jjka digunakan secara akurat dan bertanggung jawab, UVC memiliki potensi yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro