Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan./Healthline
Fashion

Bikin Takjub! 5 Manfaat Teh Chamomile Bagi Tubuh dan Pikiran

Novita Sari Simamora
Senin, 13 Juli 2020 - 10:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa orang percaya teh tertentu mengandung sifat magis, seperti chamomile yang bermanfaat bagi kesehatan.

Teh chamomile bisa membantu tidur hingga membantu pencernaan, dan minuman itu bahkan dapat berperan dalam kesehatan jantung. Jadi apa sebenarnya teh chamomile?

Bunga chamomile mengandung flavonoid, seskuiterpen, dan antioksidan, dan sekali kering, mereka dapat digunakan untuk pengobatan herbal dan alami.

Meskipun teh chamomile baik untuk banyak hal dan menjadi pilihan minuman yang bebas kafein, penting untuk diketahui bahwa teh ini tidak untuk semua orang. Berikut adalah beberapa manfaat teh chamomile yang paling terkenal untuk orang dewasa:

1. Meredakan Kegelisahan

Menurut Medical News Today, 40 juta orang Amerika menderita gangguan kecemasan, menjadikannya penyakit mental yang paling umum di Amerika Serikat. Bagi sebagian orang, mengobati dengan obat tidak selalu paling cocok, tetapi ada banyak alternatif alami yang patut dicoba.

Teh chamomile telah dikenal untuk mengatasi gejala kecemasan dengan membantu mengurangi insomnia dan memberikan ketenangan. Banyak orang yang menggunakan chamomile sebagai peredam stres akan meminumnya sebagai teh atau menggunakannya dalam bentuk kapsul untuk kenyamanan.

Perlu diingat, teh chamomile mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama untuk semua orang. Jika Anda menderita kecemasan atau depresi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menikmati secangkir teh chamomile sebelum tidur bukanlah hal baru bagi kebanyakan orang. Faktanya, ini telah lama dipandang sebagai penginduksi tidur yang lembut.

Efek menenangkan teh chamomile adalah berkat antioksidan yang disebut apigenin, yang mengikat reseptor tertentu di otak Anda yang membantu mengurangi kecemasan dan memulai tidur.

Sebuah studi pada 2016 tentang hubungan antara teh chamomile dan kualitas tidur dan depresi pada wanita menemukan bahwa mereka yang minum teh chamomile setiap malam selama dua minggu memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya - dan efeknya terbalik ketika mereka berhenti minum teh.

3. Atasi Masalah Pencernaan

Teh kamomil mengandung sifat anti-inflamasi, antispasmodik, dan karminatif, yang membantu menenangkan garis perut. Minum secangkir teh chamomile dapat meredakan sakit perut, kram menstruasi, sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, dan gas perut.

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, teh chamomile juga dapat membantu mengurangi refluks asam.

4. Kesehatan jantung

Antioksidan dalam teh chamomile, seperti flavon, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selama bertahun-tahun, flavon telah dipelajari untuk mengukur efektivitasnya dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol jahat.

Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat karena membantu mengurangi stres, meningkatkan tidur, dan mengendurkan pembuluh darah dan arteri.

Meskipun teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan jantung secara potensial dalam banyak hal, teh ini dapat meningkatkan risiko pendarahan bagi orang yang menggunakan pengencer darah. Itu sebabnya penting juga berkonsultasi dengan dokter sebelum dikonsumsi.

5. Turunkan Gula darah

Penelitian dari Tabriz University of Medical Sciences di Iran menunjukkan minum teh chamomile dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes. Chamomile mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang berdampak pada enzim tertentu yang merupakan bagian dari respons diabetes.

Sementara masih banyak penelitian yang harus dilakukan, studi skala kecil dari Universitas Tabriz mengamati 64 peserta dengan diabetes tipe 2, semuanya berusia antara 30-60 tahun. Setengah kelompok mengkonsumsi teh chamomile setiap hari dengan setiap kali makan selama delapan minggu, sementara setengah lainnya minum air dengan makanan.

Pada akhir periode dua bulan, kelompok chamomile memiliki kadar gula darah rata-rata yang secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang hanya minum air.

Namun, ada juga orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi teh chamomile, yang terlihat dari efek samping seperti reaksi alergi parah, iritasi mata, reaksi hipersensitivitas, dan muntah.

Kemungkinannya, minum secangkir teh chamomile tidak akan membahayakan kesehatan Anda, tetapi penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda berencana memasukkannya ke dalam rutinitas harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Real Simple
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro