Capital Hill Residence
Fashion

Tengok Desain Rumah Unik Miliarder Rusia Seharga US$140 Juta Ini

Nirmala Aninda
Kamis, 17 September 2020 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Properti ini berada di tengah-tengah hutan Rusia di luar kota Moskow, tetapi rumah yang dirancang oleh arsitek terkenal Zaha Hadid dengan biaya sekitar US$140 juta ini tampak seperti datang dari galaksi yang sangat jauh.

Bangunan yang dikenal dengan sebutan "The Spaceship House", adalah satu-satunya rumah pribadi yang dirancang oleh Hadid, yang wafat pada 2016, dan dikomisikan untuk miliarder asal Rusia, Vladislav Doronin, pendiri perusahaan pengembangan real estat dan pemilik OKO Group serta resor mewah Aman.

"Saya berkata, 'Saya ingin bangun di pagi hari dan tidak melihat siapa pun, hanya untuk melihat pohon,'" kata Doronin kepada Financial Times pada 2018 tentang permintaannya kepada Hadid. "Dia menggambar sketsa di serbet dan saya berkata, 'Kamu diterima.' ”

Dilansir melalui inman.com, rumah seluas 36.000 kaki persegi, yang secara resmi dijuluki "Capital Hill Residence" itu, memiliki banyak fitur unik, tetapi salah satu yang paling menonjol mungkin adalah menaranya yang sempit yang merupakan kamar tidur utama, 100 kaki dari permukaan tanah.

Adapun, kolom pendukung menara ini sudah termasuk lift kaca dan tangga.

Sebagian dari sisi bawah rumah sebagian tersembunyi di bawah lereng bukit, yang diisi dengan fasilitas kolam renang sepanjang 65 kaki, spa, dan klub malam. Lantai dasar meliputi pintu masuk utama rumah, kamar tidur tamu, dan perpustakaan.

“Tempat tinggal ini merupakan ekspresi dari gaya hidup dan semangat yang berpusat pada kesehatan Tuan Doronin untuk kesejahteraan dan keramah-tamahan,” demikian bunyi deskripsi proyek di situs OKO Group.

Meskipun desain awal untuk rumah tersebut dibuat pada tahun 2008, proyek tersebut baru selesai hingga 2018, dua tahun setelah kematian Hadid.

Patrik Schumacher, mantan mitra bisnis Hadid, mengambil alih firma arsitektur setelah kematiannya, dan menyebut Capital Hill Residence sebagai "rumah impian".

"Proyek ini memiliki ciri khas Zaha berupa kerumitan organik, kompleksitas, pengaturan spasial, banyak kejutan, banyak kecerdikan dan keindahan dalam mengasah bentuk dan wujud karyanya," kata Schumacher kepada The Times.

https://www.inman.com/2020/09/15/russian-billionaire-spent-140m-to-build-this-spaceship-house/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Sumber : Mia
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro