Ilustrasi pria stres/Antara
Health

Cara Kelola Stress di Masa Pandemi

Dewi Andriani
Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat saat ini dihadapkan dengan tekanan kehidupan yang beragam akibat pandemi COVID-19, mulai dari terkena dampak ekonomi,ketakutan akan tertular virus, kesulitan beradaptasi dengan pola kehidupan yang baru, hingga merasa kesepian karena berbagai aktivitas menjadi lebih terbatas.

Berdasarkan laporan sementara yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, terhadap 14.619 individu yang dilaporkan telah mengakses layanan psikolog klinis, baik dewasa maupun anak-anak, sebanyak 57,6 persen diantaranya teridentifikasi
memiliki gejala depresi akibat kondisi pandemi Covid-19. Ada empat masalah yang paling banyak ditemui saat pandemi yakni kesulitan belajar, kecemasan, stress, dan gangguan mood antara lain depresi karena takut tertular.

Indria Laksmi Gamayanti, Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia mengatakan bahwa stress merupakan reaksi yang wajar dalam situasi yang tidak wajar dalam kondisi saat ini.
Untuk mengatasi stress di masa pandemi, Indria menyampaikan beberapa tips sederhana yang dapat diikuti.

Pertama, tetap melakukan aktivitas produktif yang bisa menghasilkan energi positif. Kegiatan tersebut bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti memasak, olahraga, bernyanyi, yoga, atau membuat konten kreatif yang bisa menghasilkan.

Kedua, stop menonton atau mendengar hal-hal yang tidak perlu. Jangan pula menonton film yang horor dan menegangkan, lebih baik memilih film yang dapat membuat mood lebih positif dan terangkat.

Ketiga, lakukan relaksasi karena hal tersebut akan mendorong orang untuk berpikir lebih positif di tengah situasi yang sama-sama tidak diinginkan.

Keempat, tetap menjaga hubungan dengan orang-orang tercinta baik teman, saudara, maupun keleuarga walau hanya melalui virtual seperti dari telepon, video call, maupun zoom karena agak sulit jika harus bertemu langsung.

"Bisa juga melakukan inovasi dengan ngopi bareng di rumah masing-masing sambil tetap terhubung untuk menggantikan aktivitas hangout yang biasa dilakukan," ujarnya dalam webinar AIA Share the Love, Selasa (20/10/2020).

Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan untuk tetap terhubung dengan orang terkasih adalah memberikan hadiah istimewa. Salah satu bentuk hadiah yang bisa diberikan di masa pandemi Covid-19 ini adalah asuransi sebagai bentuk perlindungan di tengah kondisi yang penuh dengan ketidakpastian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro