Moderna./Bloomberg
Health

Moderna Targetkan Rilis Vaksin Covid-19 Darurat Desember 2020

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Oktober 2020 - 08:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stephane Bancel, CEO Moderna, mengatakan pada hari Senin bahwa perusahaan bisa mendapatkan persetujuan darurat untuk kandidat vaksin virus corona pada bulan Desember.

Berbicara di acara online Tech Live Wall Street Journal, Bancel mengatakan bahwa untuk mengajukan otorisasi penggunaan darurat (EUA) ke Food and Drug Administration, perusahaan memerlukan data keamanan dan kemanjuran yang cukup. Jika semua berjalan sesuai rencana, pengajuan bisa dilakukan pada akhir November.

Data sementara tentang kemanjuran pada November, tergantung pada kasus, jumlah orang yang sakit." Analisis pertama akan dilakukan ketika 53 peserta memiliki gejala COVID-19. Namun, jika perusahaan meleset dari target ini, Bancel mengatakan akan menindaklanjuti dengan studi sementara kedua pada Desember, dengan 106 kasus gejala, untuk mengejar persetujuan darurat potensial hingga akhir Januari atau awal Februari.

"Saya berharap FDA mengambil beberapa minggu untuk meninjau semuanya dan memastikan semuanya baik-baik saja sehingga, berpotensi jika datanya bagus untuk mendapatkan persetujuan penggunaan darurat sekitar bulan Desember," kata Bancel.

Sementara itu, perusahaan berencana menyediakan 20 juta dosis pada akhir tahun, yang akan cukup untuk 10 juta orang yang diberi rejimen dua dosis.

CEO tersebut mengatakan Moderna mengharapkan setidaknya 500 juta dosis pada tahun 2021, dan akan terus meningkat hingga satu miliar dosis. 

Moderna bekerja sama dengan Lonza Ltd. yang berbasis di Swiss untuk meningkatkan kapasitas produksinya, karena itu dapat memenuhi permintaan A.S.

Pemerintah AS telah mencapai kesepakatan senilai US$1,5 miliar dengan Moderna untuk 100 juta dosis, dengan opsi untuk membeli 400 juta dosis lagi. Bancel mengatakan jika pemerintah memutuskan untuk membeli lebih banyak, rantai pasokan harus bisa menangani permintaan tersebut tanpa masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro