Vaksin Sinovac/ugm.ac
Health

Ahli Ungkap Alasan Vaksin Covid-19 Buatan China Lebih Lambat dari Barat

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Desember 2020 - 08:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Inggris menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech pada hari Rabu, menjadi negara Barat pertama yang mulai memvaksinasi penduduknya.

Negara Barat lainnya mungkin segera memulai proses inokulasi massal jika vaksin ini dan vaksin lain, termasuk yang dibuat oleh Moderna dan yang lain diproduksi oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca, mendapatkan persetujuan dari regulator di Eropa dan Amerika Serikat.

Lantas, bagaimana dengan vaksin buatan China? Hingga saat ini, perusahaan produsen vaksin China belum mempresentasikan data uji coba mereka meskipun negara itu termasuk di antara mereka yang memimpin pada fase awal proses penelitian.

Jadi, apakah ia sudah kalah dalam perlombaan vaksin? Huang Yanzhong, seorang rekan senior untuk kesehatan global di Council on Foreign Relations di AS, mengatakan vaksin Barat mungkin mengumpulkan data kemanjuran lebih cepat karena penyebaran luas virus corona di AS dan Eropa.

Dalam uji coba fase ketiga, para ilmuwan membandingkan infeksi antara relawan yang menerima plasebo dan vaksin. Semakin banyak infeksi, semakin cepat percobaan dapat menghasilkan data yang cukup.

"Tantangan terbesar bagi China adalah bahwa beberapa negara yang bekerja dengan vaksin China ternyata memiliki lebih sedikit kasus [dari yang diharapkan], itu agak ironis," katanya, mengutip Uni Emirat Arab, tempat uji coba skala besar dari vaksin yang dikembangkan oleh Sinopharm diadakan seperti dilansir dari SCMP.

Pada 11 November, hanya sehari setelah Pfizer-BioNTech mempublikasikan data yang menunjukkan vaksin mereka memiliki tingkat kemanjuran yang tinggi, perusahaan milik negara Sinopharm merilis pernyataan yang mengatakan bahwa uji klinisnya akan segera selesai dengan data yang "lebih baik dari perkiraan", meskipun berhasil. tidak rumit.

Minggu lalu diumumkan bahwa uji coba untuk vaksin China lainnya, yang dibuat oleh Sinovac, di Brasil telah mengumpulkan cukup data dan pengumuman akan dibuat minggu ini.

Penemuan ini terbukti sangat penting bagi diplomasi vaksin China, termasuk upayanya untuk memperluas pengaruhnya di Asia Tenggara.

Bulan lalu, salah satu target utama dari inisiatif tersebut, Indonesia, mengatakan tidak akan memberikan otorisasi penggunaan darurat ke produk Sinopharm tahun ini karena data dari Brasil tidak tersedia.

Huang mengatakan data yang dirilis oleh peneliti lain telah memberikan tekanan pada China karena telah berjanji untuk memasok vaksin ke negara lain, dan mereka masih menunggu data.

“Kami tidak dapat menyangkal bahwa ada perlombaan vaksin yang sedang berlangsung… ketika China memulai proyek pengembangan vaksin mereka, mereka tidak menyembunyikan ambisi mereka bahwa mereka ingin menjadi nomor satu dalam keberhasilan mengembangkan vaksin,” katanya.

"Mereka memandangnya sebagai masalah kebanggaan nasional dan untuk menunjukkan kemampuan China di bidang teknologi tinggi."

Hanya beberapa hari setelah Pfizer dan Moderna merilis hasilnya, media pemerintah China melaporkan bahwa Sinopharm telah memulai proses pengajuan persetujuan bersyarat untuk dua vaksin.

Regulator China juga menyetujui penggunaan darurat produk Sinopharm dan Sinovac beberapa bulan sebelum uji klinis terakhir selesai, dan lebih dari satu juta orang telah diberi vaksin.

Spesialis medis mengatakan produk yang dikembangkan di Eropa dan AS kemungkinan besar mendapat persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia sebelum produk China.

Regulator di yurisdiksi tersebut, bersama dengan Jepang, termasuk dalam daftar otoritas regulasi ketat WHO yang membuat mereka memenuhi syarat untuk dilacak cepat untuk persetujuan tetapi China tidak ada dalam daftar.

Pejabat dan perusahaan obat China telah berulang kali mengatakan tidak ada infeksi di antara lebih dari satu juta orang yang diberi vaksin penggunaan darurat. Sekitar setengah dari mereka telah bepergian ke luar negeri setelah diberi suntikan, bukti bahwa vaksin mereka dapat melindungi orang.

Pada awal November, ketua Sinopharm Liu Jingzhen mengatakan 81 dari 99 karyawan di kantor Huawei di Meksiko telah diberi vaksin. Sepuluh dari pekerja yang tidak divaksinasi kemudian terkena Covid-19, tetapi tidak ada dari mereka yang menerima suntikan terinfeksi.

Peter Smith, profesor epidemiologi tropis di London School of Hygiene and Tropical Medicine dan penasihat WHO, mengatakan badan kesehatan global ingin melihat data yang sesuai dari uji klinis akhir.

“Menurut saya, kecil kemungkinan WHO akan mengeluarkan EUL [lisensi penggunaan darurat] tanpa melihat data keamanan dan kemanjuran yang meyakinkan,” katanya.

Dia menambahkan bahkan jika proses persetujuan membutuhkan waktu lebih lama untuk vaksin China, selama sebagian besar sebanding dengan vaksin Barat, vaksin tersebut akan segera diambil oleh negara berkembang yang tidak dapat memperoleh vaksin Barat.

“Gagasan persaingan tidak relevan. Pada 2021, permintaan akan melebihi pasokan, dan pasokan akan tidak mencukupi… Sama sekali tidak ada risiko bagi siapa pun yang memiliki kapasitas untuk menjual, ”kata seorang sumber yang dekat dengan salah satu pembuat vaksin China, yang meminta namanya tidak disebutkan karena dia tidak diberi wewenang. untuk berbicara dengan media.

Tao Lina, seorang peneliti vaksin yang berbasis di Shanghai, mengatakan China masih memiliki beberapa keuntungan saat memasok negara berkembang. “Ada sedikit tekanan untuk China. Kalau kita bisa jadi yang pertama datang dengan vaksin Covid-19 tentu bagus,” ujarnya.

“Biasanya vaksin disimpan pada suhu 2-8 derajat Celcius (36-46 Fahrenheit), dan itu tidak mungkin untuk [vaksin yang dikembangkan oleh] Pfizer dan Moderna. Namun tidak ada masalah bagi kami untuk dikirim ke luar negeri.” katanya. 

Seperti diketahui, Produk Pfizer BioNTech dan Moderna sama-sama dibuat menggunakan teknik genetik revolusioner, tetapi harus disimpan pada suhu yang sangat rendah - masing-masing minus 70 dan minus 20  yang menurut Tao sebagai "kerumitan besar".

Seperti produk China, vaksin Oxford / AstraZeneca juga dapat disimpan di lemari es biasa dan Smith setuju bahwa persyaratan rantai dingin akan menjadi pertimbangan penting saat memasok negara berpenghasilan menengah dan berkembang.

“Kami membutuhkan banyak vaksin. Ini mungkin memiliki kemanjuran yang berbeda-beda dan, yang terpenting, persyaratan rantai dingin yang berbeda akan mempengaruhi kesesuaian untuk digunakan dalam banyak situasi, ”kata Tao.

Mengenai kapasitas produksi China, Tao mengatakan bahwa China dengan senang hati mengekspor vaksinnya sebelum memvaksinasi mayoritas penduduknya, seperti yang dispekulasikan oleh beberapa ahli.

“Kami tidak benar-benar perlu memvaksinasi banyak orang karena penularannya rendah, kapasitas produksinya untuk pasokan global,” kata Tao, yang tidak terlibat dalam vaksin yang dikembangkan China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro