Kandidat vaksin Covid-19 Sinopharm
Health

Siap-siap, Pengumuman Vaksin Covid-19 China 1-2 Pekan Lagi

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Desember 2020 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - China akan segera memberikan kabar terkait pengembangan vaksin covid-19 buatannya dalam waktu dekat.

Wang Junzhi, dari Akademi Teknik China dan juga wakil kepala satuan tugas ahli pengembangan vaksin di bawah Dewan Negara mengatakan akan ada pengumuman besar paling lambat dua pekan lagi.

“Terkait pengembangan vaksin Covid-19 akan ada pengumuman berita besar dalam satu hingga dua minggu mendatang. Sekarang sudah di tahap terakhir, "kata Wang seperti dilansir dari SCMP.

Pernyataan itu, bisa jadi kabar baik bagi negara-negara yang telah bernegosiasi dengan China untuk memasok vaksin. Karena, jika pengumuman merupakan izin darurat, maka distribusi vaksin bisa segera direalisasikan.

Dia juga membuat pernyataan sebanyak 600 juta vaksin buatan China tersedia dan siap didistribuskan tahun ini juga.

Pernyataan Wang datang setelah serangkaian pengumuman hasil uji coba tahap akhir dari pembuat vaksin barat terkemuka Pfizer-BioNTech, Moderna dan AstraZeneca-Oxford telah memberikan tekanan pada pengembang China.

China sedang mengembangkan tiga vaksin yang menggunakan versi virus yang tidak aktif secara kimiawi atau panas untuk memicu respons kekebalan. Dua sedang diproduksi oleh China National Biotech Group, anak perusahaan dari grup milik negara Sinopharm, dan satu oleh Sinovac yang berbasis di Beijing.

Tiga vaksin telah diberikan hampir satu juta orang di China melalui program penggunaan darurat, meskipun belum menyimpulkan uji coba fase 3 yang menguji kemanjuran dan keamanan pada populasi umum.

Sinopharm minggu lalu mengatakan bahwa mereka telah mengajukan permohonan untuk penjualan komersial vaksinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro